Jaya Kembali Masjid Hayya Alal Falah Tongkeng

dakwahpos.com, Bandung - Saat ini banyak jema'ah yang berbondong-bondong untuk beribadah di Masjid HAYYA ALAL FALAH Tongkeng Bandung. Mulai dari para pemuda hingga yang lanjut usia. Tidak seperti dahulu, kini masjid Hayya Alal Falah memiliki bangunan yang luas, kokoh dan megah serta tertata dengan baik dan rapi. 

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Bpk. Lettu Dedih mengatakan bahwa beliau sangat senang dengan adanya renovasi masjid ini begitupun dengan marbot-marbotnya yang terdiri dari 5 orang. Sebelum di renovasi masjid ini terlihat sangat kumuh dan bangunannya pun hampir roboh. Dahulu masjid ini hanya dibuka untuk kalangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) saja. Tetapi kini banyak orang selain TNI yang beribadah di masjid ini karena sudah dibuka untuk umum. 

Berkat bantuan dari Bpk. Budi Susilo yang berinisiatif untuk merenovasi masjid ini dan selebihnya Bpk. Dedih sebagai DKM telah memberi izin dan kepercayaan sepenuhnya kepada beliau. Pada tahun 2015 masjid ini mulai memasuki fase renovasi. Bpk. Budi mengajak orang-orang khususnya para pejabat setempat untuk menyumbangkan sebagian hartanya yang nantinya digunakan untuk keperluan masjid hayya alal falah. 

Menyesuaikan keadaan saat ini dimana kita harus menjauhi kerumunan dan menjaga jarak karena adanya virus corona, maka kegiatan rutin yang masih berjalan di masjid Hayya Alal Falah yaitu shalat Jum'at. Sebelumnya banyak kegiatan seperti kajian ibu-ibu dan bapak-bapak dan madrasah untuk anak TK, disana mereka belajar Al-Qur'an.

Selain itu terdapat relawan-relawan di masjid Hayya Alal Falah salah satunya yaitu Relawan Beberes Masjid (RBM). RBM merupakan suatu komunitas yang beranggotakan para pemuda dan mahasiswa yang peduli akan kebersihan masjid. Kegiatanya berupa bantuan untuk membersihkan masjid-masjid secara gratis.

Rio Mughni Firdaus (1204020131)
KPI 3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023