Masjid Al-Misbah Cipadung menuju New Normal Adakan Shalat Jum’at dengan tetap menjaga prokes

Beberapa bulan kebelakang Pemerintan Indonesia menyerukan kepada warga agar melakukan aktivitas di rumah, termasuk ibadah. Beberapa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam menghimbau tidak shalat Jum'at di Mesjid.

Dewan Keluarga Mesjid (DKM) Al-Misbah menyelenggarakan berjamaah shalat di masjid pada Jum'at (03/12/2020). Situasi ini berlangsung dengan Imam dan Khotib Ustadz Endang Jaelani M.Pd

Jama'ah shalat Jum'at di Mesjid Al-Misbah sebanyak 19 (Sembilan belas) shaf (baris) di mana satu barisnya sekitar 15 orang. Sehingga total jama'ah yang hadir melaksankan shalat Jum'at sekitar 285 orang. Mesjid Al-Misbah terletak di belakang MAN 2 Bandung tepatnya di Cipadung Rt04/12.

Ketua Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Ustadz Endang Jaelani M.Pd yang kebetulan juga menjadi Khotib, menjelaskan, "Alhamdulillah pelaksanaan shalat jum'at di masjid Al-Misbah berjalan lancar, dengan jumlah jama'ah kurang lebih 285 orang, dengan jarak permakmum 60 cm tegasnya, Jumat (03/12/2020).

Ketua DKM Al-Misbah merinci pelaksanaan shalat Jum'at pukul 11:50-11:57, pengumuman pukul 11:59-12:03, kumandang azan pukul 12:04-12:11, khutbah pertama pukul 12:11-12:13, khutbah kedua pukul 12:14-12:17. Shalat rakaat pertama, Surat At-Tien, shalat rakaat kedua Surat al-Qodr. "Isi materi khutbah sekitar hikmah mushibah dengan adanya virus corona," jelasnya.

Upaya pencegahan virus corona di lingkungan Masjid, khususnya dalam pelaksanaan shalat Jum'at sangat ditekankan. "Pengurus mesjid menyediakan hand sanifizer dan sabun cair di tempat wudhu untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona," paparnya.

Diakuinya, jama'ah shalat Jum'at di Mesjid Al-Misbah tidak terdengar mengistruksikan jama'ah agar merapatkan barisan. Keadaan barisan jama'ah dibiarkan tetap berjarak. Beberapa jama'ah terlihat ada yang mengenakan masker penutup hidung dan mulut. Ada juga jama'ah yang membawa hand sanitizer untuk pembersih telapak tangan. "Shalat Jum'at berlangsung 25 menit dari mulai adzan, khutbah, dan pelaksanaan shalat. Sehabis shalat tidak telihat saling jabat tangan di antara jama'ah," ujarnya.

Kewaspadaan akan penyebaran virus Corona sangat diperhatikan dalam pelaksanaan shalat Jum'at berjamaah di Mesjid Al-Misbah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023