x
BREAKING NEWS

Rabu, 18 November 2020

Siapakah yang Berperan Menangani Covid-19?

Oleh : Tubagus Maulana Fauzi

Menkes Terawan sempat menjadi sorotan masyarakat karena tak pernah hadir ketika diundang Najwa Shihab untuk menyampaikan sepatah dua patah kata soal penanganan Covid-19. Sementara itu, Presiden Jokowi juga sempat menjadi sorotan karena langkahnya menangani Covid-19 dinilai lambat tak seperti negara lain. Lalu, diantaranya keduanya, manakah kinerja yang paling memuaskan masyarakat?

Dilansir dari tribunnews.com, oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menyebut tren kepuasan kinerja Jokowi tahun ini cenderung stagnan. Namun, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo dalam menangani pandemi Covid-19 masih lebih tinggi dibandingkan kepercayaan pada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Hal ini menjadi temuan dari Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia mengenai mitigasi dampak Covid-19 di Tanah Air yang dirilis September 2020.

Menurut saya, diambil dari data diatas, bahwasanya presiden Jokowi lebih efektif dalam menangani covid-19, walaupun tren kepuasan kinerja Jokowi tahun ini cenderung stagnan.

"Trust (kepercayaan) terhadap presiden dalam menangani Covid masih lumayan cukup percaya 57,7 persen. Sangat percaya 3 persen. Tidak percaya 12,7 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers virtual yang digelar Minggu (18/10/2020). Sedangkan, untuk Menkes Terawan, responden yang sangat percaya hanya 1%. Mereka yang cukup percaya pada Terawan sebanyak 44,6%. Sebanyak 30,9% responden mengaku biasa saja. Lalu, 15% mengaku tak percaya dan 2,0 % sangat tidak percaya.

Dari data diatas bisa kita lihat dari segi persenan pun Jokowi masih tinggi dibandingkan menkes.

Dilansir dari kompas.com, oleh ihsanudin, Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas untuk membahas penanganan virus corona jenis baru yang menyebabkan penyakit Covid-19. Rapat digelar lewat video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Jokowi memberikan tujuh arahan kepada jajarannya saat membuka rapat. Arahan-arahan tersebut ialah, Pertama  melakukan rapid test massal, kedua Insentif bagi tenaga medis, ketiga Libatkan tokoh agama, keempat stop ekspor alkes, kelima jangan liburan, keenam insentif UMKM, ketujuh stok pangan.

Dalam sebuah artikel berjudul 'Pria yang paling bertanggung jawab atas krisis Covid di Indonesia', Asia Times bahkan menyatakan Terawan gagal dalam caption foto berjudul Menteri Kesehatan Indonesia Terawan Agus Putranto sebagian besar telah gagal mengatasi epidemi Covid-19 di Indonesia'.

Dari data keseluruhan diatas bisa kita simpulkan bahwasanya masyarakat lebih mempercayai Presiden Joko Widodo dalam menangani Covid-19 daripada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dikarenakan pa terawan telah gagal mengatasi epidemi Covid-19 di Indonesia.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia