Top Ad unit 728 × 90

PERTANIAN MAMPU MENOPANG EKONOMI

Oleh: Ginan Giasul Mustagisin
Petani Indonesia memang selalu menempati posisi yang rawan dalam hal kesejahteraan. Mayoritas petani Indonesia merupakan petani sayuran, yakni petani yang hanya memanfaatkan lahan seadanya.
Tidak hanya petani sayuran di Indonesia juga kebanyakan adalah petani padi, yang menjadi permasalahan petani padi adalalah persoalan perairan, pemerintah kurang memperhatikan persoalan ini. Akibatnya sebagian petani padi hanya bisa memanfaatkan lahan sawahnya hanya dua kali menanam padi dalam setahun.
Petani sayuran juga rentan terhadap berbagai risiko di antaranya kesulitan untuk memenuhi kebutuhan seperti membeli bibit yang unggul dan pupuk yang berkualitas alhasil petani hanya memakai bibit dan pupuk seadanya.
Dan petani sayuran juga rentan terhadap resiko kesulitan untuk memenuhi kebutuhan, jika hanya menggantungkan hidup pada lahan yang terbatas, tidak memiliki kecukupan modal untuk meningkatkan produktivitas sementara harga pupuk dan upah tenaga kerja terus melambung tinggi, dan menghadapi risiko gagal panen saat iklim buruk.
Tuntutan untuk segera memenuhi kebutuhan rumah tangga membuat banyak di antara mereka yang memilih beralih pekerjaan. Alternatif lain yang akhirnya mereka pilih adalah menjual lahan untuk kegunaan lain seperti untuk industri, jalan tol, dan properti.
seharusnya pemerintah lebih memperhatikan dan lebih spesipik dalam memperhatikan para petani, supaya para petani lebih bisa memanfaatkan lahan pertaninnya meskipun lahan pertaniannya seadanya. Jika pemerintah memperhatikan lebih baik maka petrtanian di Indonesia akan lebih baik bahkan mampu menopang ekonomi rakyat Indonesia.
PERTANIAN MAMPU MENOPANG EKONOMI Reviewed by Dakwahpos on 5:48:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Shared by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.