x
BREAKING NEWS

Jumat, 20 November 2020

Perlu Extra Dalam Memahami Sebelum Bertindak

Oleh Agung Ginanjar

Semakin majunya perkembangan teknologi di jaman sekarang, tentunya mengharuskan kita untuk extra dalam memahami sesuatu sebelum kita bertindak. Tidak asal bertindak karena memahami satu sudut pandang, karena belum pasti tindakan yang kita lakukan itu sudah dalam puncak kebenaran atau jalan yang terbaik. Dan tentunya semua orang belum pasti menerima atau mengikuti tindakan yang kita lakukan.

Kebanyakan orang asal bertindak tanpa memahami apa yang dia lakukan, hanya mempunyai pemahaman dirinya sendiri tanpa memahami sudut pandang orang lain lagi. Yang penting ada tindakan daripada berdiam. Tanpa banyak mendiskusikan dengan orang lain tindakan yang seperti apa yang harus dilakukan, setelah memahami lebih dalam dari berbagai sudut pandang orang lain.

Setiap orang mudah untuk bertindak jika sudah memahami sesuatu, tetapi tindakan seperti apa dulu yang harus dilakukan. Tidak asal tahu lalu maju, karena bisa jadi kita yang menjadi benalu. Karena yang kita lakukan pun harus dipertanggung jawabkan, jangan hanya mau dianggap paling aktif, paling kritis, tapi pas tindakan dilakukan tidak ada pertanggungjawaban.

Peningkatan pemahaman dalam memahami sesuatu bisa kita lakukan sendiri terlebih dahulu, cari tahu pemahaman orang lain tentang suatu topik dan bisa juga melakukan diskusi untuk lebih extra dalam memahami sesuatu topik. Setelah dilakukan pemahaman seperti itu maka lakukanlah tindakan dengan landasan-landasan dari berbagai sudut pemahaman orang lain. Pemahaman orang lain tersebut bukan dijadikan sebagai benteng ketika ada yang membantah pemahaman kita, tetapi kita bertindak bukan hanya punya argumen satu pemahaman, tetapi memiliki banyak pemahaman yang dapat dijadikan argumen atas apa yang kita lakukan.

Oleh karena itu, menampung banyak pemahaman dan kita memvalidasi pemahaman tersebut sungguh akan memudahkan kita dalam menanggapi persoalan-persoalan yang ada dalam kehidupan manusia, baik dalam aspek sosial, ekonomi dan yang lainnya. Tidak harus menuntut seluruhnya untuk sepaham dengan kita, karena susah bila harus semuanya harus sepaham dengan kita. Tetapi kita punya pemahaman masing-masing, namun mempunyai tujuan yang sama. Jika kita saling memahami, maka kerusuhan pun akan terminimalisir karena mempunyai tujuan yang sama.    
 
Nama : Agung Ginanjar
NIM : 1194020008
Kelas : KPI / 3 / A
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Alamat rumah : Blok Kulon RT003/RW002, Desa Rawa, Kec. Cingambul, Kab. Majalengka Jawa Barat
 No HP : 081224331298

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia