x
BREAKING NEWS

Sabtu, 21 November 2020

Jari Jempol Tanganmu Menentukan Hidupmu


Oleh : M Ibnu Refqi Fadillah

Teknologi dan informasi telah berubah dengan cepat selama 20 tahun terakhir dengan perkembangan utama media sosial. Laju perubahan semakin cepat. Misalnya perkembangan teknologi seluler telah memainkan peran penting dalam membentuk dampak media sosial. Media sosial ini menempatakan sarana terhubung dimana saja dan kapan saja.

Di era sekarang ini banyak sekali orang yang berinteraksi dan berkomunikasi melalui media sosial. Secara umum media sosial memliki funsgi hiburan, pendidikan, dan informatif. Dennis McQuail (2002) mengatakan bahwa "media massa sebagian besar memiliki sifat-sifat negatif image". Banyak orang yang sudah mengenal media sosial dan menggunakan untuk sarana prasarana berkomunikasi, tidak hanya remaja, tetapi orang tua dan anak di bawah umur pun bisa menggunakannya.  

Zaman semakin maju dan berkembang, media sosial juga pun tak mau ketinggalan zaman dan tak mau kalah dengan perkembangannya. Banyak sekali media sosial yang mudah ditemui atau yang sering di gunakan oleh kamu remaja, bahkan orang tua zaman sekarang pun turut menggunakannya, seperti Facebook, Twitter, Line, Instagram, Whatsapp, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, media sosial sekaramg sudah menabahkan fitur-fitur unik dan lucu yang digunakan untuk foto atau bahkan video. Adanya penambahan fitur-fitur seperti itu, banyak pengguna media sosial menyalah gunakannya.

Media sosial mempunyai 2 dampak, dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif itu sendiri kita bisa menerima informasi-informasi dengan cepat, juga mudah untuk mencari apa yang kita tidak ketahui. Dampak negatif sendiri itu jika menggunakan media sosial itu dengan salah, maka akan menimbulkan perpecahan atau pertengkaran antar indvidu, atau bahkan bisa sampai di jerat ke jalur hukum yang berlaku.

Perlu kita ketahui saat ini, media sosial memiliki kekuatan yang besar untuk mempengaruhi pandangan publik terhadap sesuatu. Jadi apa saja yang diposting di media sosial bisa mempengaruhi pemikiran orang lain.

Selain hal ini, media sosial juga sebagai media komunikasi yang tinggi, yang memiliki fungsi penyebar informasi secara efesien, memperkuat eksistensi informasi, mendidik atau mengarahkan, menghibur dan sosial kontrol. (Burgon dan Huffner, 2002)

Inti dari penggunaan media sosial itu untuk berkomunikasi dengan baik, mendapatkan informasi dengan eksistensinya yang jelas, memperluas pengetahuan, memotivasi orang lain dan membantu orang lain, serta memperluas relasi dengan baik.

Gunakanlah media sosial dengan baik dan benar. Media sosial bisa membawa kita ke hal-hal yang baik dan juga ke hal-hal yang buruk, itu tergantung bagaimana cara penggunaannya.  

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia