x
BREAKING NEWS

Minggu, 22 November 2020

Indonesia Butuh Kebebasan Seperti Ini

Oleh : Alwi Salma 

Kebebasan merupakan jalan tengah dari sikap minimalis apriori dan sikap maksimalis nekad. Praktik kebebasan idealnya dikawal oleh norma, aturan dan etika. Landasan normatif, QS. Al-Mujadilah : 11 dan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 A-J dapat menjadi pedoman praktis.

Renungan bersama bahwa, pelaksanaan kebebasan dalam lingkup berpendapat, berorganisasi, maupun beragama seringkali diwarnai adanya politik praktis. Sehingga, nilai kebebasan menjadi rancu, penuh dengan intrik dan kepentingan. Selanjutnya, aktualisasi kebebasan berdasarkan aspek kekerasan menjadi primadona masyarakat. Kemunduran minat baca di angka 37,32, menunjukkan minimnya kualitas menyampaikan aspirasi.

Maka, langkah solutif dalam mengawal kebebasan harus disosialisasikan. Pertama, gerakan gemar membaca untuk mengedukasi masyarakat. Kedua, berikan fasilitas kepada masyarakat dalam menyampaikan keluh kesah yang dialaminya. Ketiga, gunakan politik kebangsaan dalam pergerakkan menyuarakan hak kebebasan.

Demikian, kebebasan yang sesuai konstitusi mengisi ruang demokrasi untuk meraih cita-cita dan harapan bersama menuju Indonesia sejahtera.



Alwi Salma
Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
No. HP : 089515291971
Alamat Rumah : Kp. Gandamekar RT/RW 02/11, Desa Gandamekar. Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, 44153

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia