x
BREAKING NEWS

Selasa, 22 Oktober 2019

PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK SEKOLAH DASAR BAIK KAH ?

Oleh : Ega Diah Pridayanti
Seiring dengan berkembangnya zaman berdampak pula pada pesat nya perkembangan teknologi yang kian hari kian pesat kemajuan nya . Banyak sekali fasilitas yang kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari yang di buat oleh maju nya teknologi dan pemikiran manusia . Salah satu nya adalah gawai atau yang sering kita sebut dengan gadget .

Gawai atau gadget sering kali menjadi candu bagi masyarakat , karena banyak sekali akses yang dengan mudah di dapat melalui gadget tersebut . Banyak sekali informasi yang bisa di ketahui dengan penggunaan gadget tersebut . Bukan hanya orang dewasa saja yang menikmati gadget tersebut melainkan anak – anak pun sekarang dengan mudah nya bisa mengakses hal tersebut . Lalu efektifkah penggunaan gawai ini sebagai sarana beajar di sekolah bagi anak anak di berbagai daerah ?
 
Penggunaan gawai ini mungkin lebih tepat di terapkan bagi siswa SMA dan SMP  yang sudah cukup usia nya untuk menggunakan gadget . Tetapi ini tidak tepat di terapkan kepada anak sekolah dasar . Karena jika gawai di gunakan sebagai alat pembelajaran bagi mereka butuh banyak sekali perhatian dan pengawasan yang harus di berikan oleh orang tua bahkan guru guru nya di sekolah .

Karena seusia anak sekolah dasar sedang aktif – aktif nya ingin mengetahui segala yang ia tidak ketahui dan meniru segala apapun yang di lakukan oleh orang dewasa . Contohnya saja jika pengawasan orang tua lepas dari penggunaan gadget anak – anak nya bisa saja memberikan dampak yang buruk bagi diri mereka . Menonton konten – konten yang tidak baik , misal nya konten pornografi dan kekerasan mungkin . Yang akan berdampak dan mengganggu kehidupan sosialisasi mereka dengan teman sebaya nya .

Maka dari itu penggunaan gawai ini lebih tepat di terapkan pada siswa yang telah memiliki umur yang cukup seperti siswa SMA dan SMP . Karena tahu nya mereka dengan pesatnya teknologi ini bisa membuat mereka serba tahu tentang maju nyaa pula dunia – dunia edukasi di dunia . Mendapatkan kemudahan mengakses informasi , pembelajaran dan lain sebagai nya .

Tetapi tetap mereka pun butuh pengawasan dari orang tua nya dalam mengawas penggunaan gawai pada diri mereka . Contoh nya dengan memblok konten negetif pada gadget mereka masing – masing . Agar penggunaan gadget pun bisa memberikan dampak yang efektif pada perkembangan dunia edukasi mereka .


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia