x
BREAKING NEWS

Senin, 07 Oktober 2019

Paru paru dunia sedang terluka ,Indonesia butuh oksigen.

Oleh: Abdul Rahman

 Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Hutan juga berfungsi untuk menjaga kesetabilan ekosistem kehidupan di muka bumi, karna hutan adalah paru paru dari bumi itu sendiri, yang harus selalu di lestarikan dengan baik oleh manusia, Hutan sebagai suatu ekosistem tidak hanya menyimpan sumberdaya alam berupa kayu, tetapi masih banyak potensi non kayu yang dapat diambil manfaatnya oleh masyarakat melalui budi daya tanaman pertanian pada lahan hutan. Sebagai fungsi ekosistem hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, dan peran penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. Sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, hal ini dikarenakan hutan adalah tempat tumbuhnya berbagai tanaman.

Membahas mengenai hutan yang mana hutan adalah paru paru dunia yang harus kita jaga. Namu dengan demikian banyak sekali masalah terkait kelestarian hutan , yang sekarang sekarang ini sebagian dari paru paru dunia banyak mengalami kebakaran lahan, baik karna musim kemarau yang berpengaruh , dan bahkan juga karna ulah manusia sendiri yang membakarnya karna dunia semata .

Hutan yang sekarang sedang ramai di Indonesia yang terkenal sebagai salah satu paru paru dunia sekarang sedang mengalami masalah, seiringnya musim kemarau ,maka hutan pula sering mengalami kebakaran, adapun pemerintah yang di nilai lambat menangani persoalanan kebakaran hutan sehingga sekarang sekarang ini di suatu daerah Riau mengalami kabut asap yang di hasilkan kabut asap .

Seharus nya pemerintah harus sigap menangani ini, apa lagi Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki hutang yang menjadikan paru paru dunia ini . yang seharusnya tegas dalam menjaga alam kita sebagai tempat hidup kita
Hutan tidak hanya memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat, tetapi memberikan kesetabilan kesehatan dan kesejahteraan bagi mahluk yang ada di dalam nya . mari jaga alam kita layak nya kita menjaga sesuatu yang kita jaga .

( tulisan ini pernah di muat di media indonesia pada tanggal 23 september 2019 )
Mahasiswa KPI UIN Bandung
Jl. Manisi Gg.Bakti 4 RT.03/09 No. 120
Kel. Cipadung Kec. Cibiru 140614
085885282854
Bangboy329@gmail.com



Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia