x
BREAKING NEWS

Selasa, 22 Oktober 2019

Kemarau Panjang Pemerintah Bungkam

                                                           

                                                 Oleh : Afifatus Solichah 

  Kebakaran hutan belum pulih, kini Indonesia dilanda kemarau panjang. Dari peristiwa ini banyak sekali daerah yang kering dan tidak ada air bersih sama sekali. Padahal air merupakan kebutuhan pokok manusia. Dari peristiwa ini dengan terpaksa banyak warga yang menggunakan air yang kurang layak untuk di gunakan.
  Tidak adanya sumber air, warga dengan terpaksa harus membeli air dengan harga yang cukup tinggi. Itupun hanya bisa untuk kebutuhan satu hari saja. Namun air bersih yang datang tidaklah setiap hari ada dan setiap kali ada warga pun langsung berbondong-bonrong mengantri untuk mendapatkan air bersih. Hampir setiap tahun terjadi kemarau, namun tahun ini lah kemarau yang di nilai sangat panjang. 
  Kemarau Panjang bukan hanya perihal sulit mendapatkan air saja. Tetapi juga tentang kesehatan para warga yang terganggu akibat kemarau yang berkepanjangan. Bagaimana tidak, selain harus menempuh jarak yang jauh untuk mendapatkan air bersih dan bajakan air yang mereka dapatkan sering kali tidak layak untuk di pakai. Dan udara menjadi sangat panas dimana warga kapan saja bisa terkena serangan dehidrasi.
  Bukan masalah kesehatan saja yang terjadi akibat kemarau panjang ini. Tetapi banyak lahan yang kering sehingga mengakibatkan petani gagal panen. Dan banyak juga ikan yang mati di sungai akibat sungai yang kering. Dan jika di hitung kerugian nya bisa mencapai puluhan juta dari setiap panen warga yang gagal. 
  Melihat keadaan ini pemerintah seharusnya tidak tinggal diam. Sudah sewajarnya apabila pemerintah memberikan bantuan berupa air bersih untuk warga. Hal ini sangatlah penting bagi daerah-daerah yang terkena kekeringan. Karena dengan begitu beban mereka sedikit berkurang.
  Kemarau yang terjadi tahun ini adalah kemarau terpanjang di bandingkan dengan tahun-tahun sebelum nya. Karena banyak daerah yang hingga saat ini masih kesulitan mendapatkan air bersih. Apalagi kebakaran hutan yang tak kunjung selesai karena peran pemrintah yang di nilai lamban mengatasi hal ini. Bukan tanpa sebab kebakaran yang terjadi sudah mencapai waktu dan menghabiskan lahan yang cukup banyak. Untuk itu pemerintah harus lebih cepat lagi dalam menangani hal ini. Agar tidak tejadi kemungkinan yang lebih parah lagi. Dan tidak merugikan warga lagi.

Afifatus Solichah, Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Lampiran : 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia