x
BREAKING NEWS

Selasa, 08 Oktober 2019

Iuran BPJS Naik, Masyarakat Jadi Resah

Oleh : Aniken Yuliana Citra

     Upaya kenaikan iuran BPJS Kesehatan membuat masyarakat resah. Meningkatnya defisit negara dari tahun ke tahun, yaitu penerimaan iuran yang tidak sebanding dengan pengeluaran untuk biaya perawatan menjadi pokok masalah. Hal ini menyebabkan masyarakat dan berbagai kalangan menjadi resah. Lantas perlukah BPJS dinaikan?

     BPJS Kesehatan berfungsi menyelenggarakan jaminan kesehatan dengan tujuan membantu serta meringankan beban masyarakat. Namun, pada kenyataannya pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan belum maksimal dan belum merata. Jika iuran BPJS Kesehatan ini dinaikan, maka tidak sebanding dengan pelayanan yang diberikan.

     Kenaikan iuran BPJS Kesehatan untuk menutupi defisit keuangan yang jebol menimbulkan keresahan di masyarakat. Hal ini  dikarenakan kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin meningkat. Sehingga  kenaikan iuran dianggap keluar dari tujuan awal BPJS Kesehatan yaitu membantu serta meringankan beban masyarakat.

     Namun, apabila dilihat dari perspektif yang berbeda, sebagian masyarakat pengguna BPJS Kesehatan tidak displin dalam membayar iuran. Hal ini menjadi faktor pendorong kebijakan naiknya iuran BPJS Kesehatan. 

     Tidak semua golongan masyarakat dapat menerima kebijakan ini.  Perlu adanya keseimbangan apabila iuran BPJS Kesehatan dinaikan. Kesinambungan antara pemerintah dan masyarakat harus terjalin dengan baik. Masyarakat diharapkan membantu pemerintah dalam hal ini, salah satu caranya adalah disiplin dalam membayar iuran. Selain itu, pemerintah seharusnya meningkatkan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan.

     Prinsip gotong royong dalam BPJS Kesehatan sebagai asuransi sosial perlu ditingkatkan. Masyarakat yang mampu harus membantu masyarakat yang kurang mampu. Masyarakat dan pemerintah alangkah baiknya saling mendukung dan bekerja sama agar tidak ada yang dirugikan serta  tidak ada lagi keresahan di masyarakat.

Penulis, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung
Jl. Damar III No.B.157 RT.03 RW.19, Perum Taman Bukit Lagadar, Kec.Margaasih Kab.Bandung Jawa Barat 40216
083148369034 / 081221707051

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia