x
BREAKING NEWS

Sabtu, 28 September 2019

Ngaji bersama Mang Iyus


        dakwahpos.com, Bandung- Kegiatan mengaji rutin dilaksanakan setiap sore di Masjid Ilyasiyah kp. Sekehonje Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat. Tidak hanya kegiatan mengaji saja yang dilakukan di Masjid ini, tetapi kegiatan membaca dan menulis al-qur'an atau ilmu-ilmu agama lainnya juga diajarkan. Kegiatan yang diikuti oleh anak-anak ini rutin dilakukan setiap hari pada waktu sore. Kegiatan ini bertujuan supaya anak-anak ini mengisi waktu mereka untuk mempelajari Al-qur'an dan ilmu-ilmu agama. Jadi tidak hanya dihabiskan untuk bermain dan menonton televisi saja.

        Ilmu-ilmu yang di ajarkan selain baca tulis al-Quran di Masjid Ilasiyah diantaranya ilmu Fiqih, dan Tajwid. Di masjid Ilyasiyah ini juga memiliki keunggulan berupa hafalan-hafalan yang  harus di hafal oleh para murid. Hafalan-hafalan itu diantaranya doa sehari-hari, surat-surat pendek, serta doa dalam pelaksanaan ibadah shalat. Pengajian di Masjid Ilyasiyah Cibiru ini di pimpin atau diajarkan oleh kang Yusuf yang juga sekaligus relawan dalam kegiatan mengaji anak-anak di masjid Ilyasiyah.
Kang Yusuf atau akrab di sapa Mang Iyus, merupakan salah satu pengajar di Masjid Ilyasiyah. Beliau menuturkan bahwa pengajian yang ia ajar kan ini gratis, atau tidak di pungut biaya sepeser pun dari murid-muridnya. Langkah Mang Iyus untuk mengajar tanpa di bayar ini merupakan amanat dari gurunya.

        "Tidak akan pernah ada seorang pun yang dapat membayar kepada(untuk) ilmu, walau satu huruf alif pun tidak akan dapat di bayar dengan suatu apapun. Karena hakikatnya ilmu itu bukan milik kita tetapi hanya titipan dari Allah biarkan Allah yang membayar kita". Ujar Mang Iyus ketika menerangkan amanat dari gurunya perihal upah pembayaran mengajar.

        Mang Iyus juga menjelaskan meskipun ia mengajar ngaji ini dengan suka rela, namun masih saja ia menerima pemberian dari orang tua yang anak-anaknya belajar pada Mang Iyus. Pemberian ini bukan karena permintaan pribadi Mang Iyus, sehingga pemberian ini ia kategorikan sebagai sodaqah yang dilakukan oleh orang tua muridnya. "Selama masih ada niat dan kemauan siapa pun dapat belajar mengaji dengan Mang Iyus di Masjid Ilyasiyah Cibiru ini", ucapnya di akhir wawancara.

Reporte Nadirah

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia