x
BREAKING NEWS

Jumat, 27 September 2019

Masjid bukan hanya untuk sekedar solat & ngaji

Bandung - Pada zaman Rasulullah SAW, masjid memiliki fungsi penting dalam berjalannya dakwah dan majunya peradaban Islam pada masa itu.  Contohnya saja yang pertama kali Nabi lakukan ketika sampai di Madinah adalah membangun masjid ,  dan dari masjid itulah rasul dan para muslimin bermusyawarah dan belajar agama islam . 

Pada zaman modern saat ini , masjid mungkin tidak menjadi satu satunya tempat pusat perkembangan peradaban Islam . Namun yang harus diingat , masjid berperan dalam menjaga norma – norma keislaman dan menjadi pengendali sosial agar masyarakat tidak melupakan ajaran – ajaran Islam.

Contohnya saja masjid jami' syahida yang bertempat di kecamatan Cibiru Hilir dekat pesantren At-tamur . Masjid yang berdiri atas tanah wakaf H. Sunjaya dan Istri pada tahun 1991 ini ,  tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah dan mengkaji kitab – kitab klasik yang umumnya ada di setiap pesantren tradisional , namun juga memiliki peran mengembangkan organisasi kepemudaan di daerah setempat.

Masjid ini memiliki kepengurusannya sendiri , kebanyakan pengurus nya adalah santri At – tamur namun bekerja sama dengan masyarakat dalam berbagai kegiatannya . Misalnya dalam kegiatan kerja bakti para santri dan warga bekerja sama untuk membersihkan lingkungan sekitar , tidak hanya itu dalam bidang sosial dan pendidikan  pengurus masjid menyelenggarakan  santunan anak yatim di sekitar cibiru hilir dan melakukan kegiatan belajar dan mengajar untuk siswa Madrasah Diniyah RW 009 . "Yaa.. kalau setiap malam ada pengajian untuk siswa madrasah diniyah , dan dibulan muharram ada  santunan anak yatim satu desa (tepatnya) di yayasan bani solihin , warga lio , dan mereka merespon baik kepada kami" kata Parid Maulana sekretaris pesantren At – tamur.

Dengan Prinsip keterbukaan dan kekeluargaan , organisasi ini memiliki dukungan yang baik dari masyarakat sekitar . "Prinsip utama disini bukan hanya sekedar kita bisa ngaji , namun bagaimana kita bisa bersosialisasi dan memberikan manfaat untuk masyarakat " ujarnya.

Muhammad Rajif Alfikri KPI 3C

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia