Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Solusi Pintar Cegah Bencana Alam Sejak Dini

Jumat, 21 Desember 2018 | Desember 21, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2019-10-08T00:56:39Z

Dakwahpos.com, Bandung- Indonesia sangat rawan akan terjadinya banjir dan tanah longsor. Karena secara geografis Negara Indonesia terbentuk oleh dataran tinggi dan rendah, yang diisi oleh pegunungan, perbukitan, danau,  dan sungai-sungai, sehingga memungkinkan akan terjadinya bencana alam. Selain faktor geografis, Indonesia juga beriklim tropis dan bercurah hujan tinggi sehingga mau tidak mau gejala bencana alam seperti banjir dan tanah longsor akan sering menerpa.

Karakteristik geografis dan geologis negara Indonesia memang menguntungkan tapi dibalik keuntungan itu dampak bencana alamnya pasti lebih besar, ditambah lagi penebangan hutan secara liar, intervensi manusia melalui kegiatan pertanian atau pun pembangunan infrastruktur dan pendirian bangunan tak terkendali akan mempercepat daya picu dari gejala bencana alam tersebut. 

Peran pemerintah sangat diperlukan terkait gejala bencana alam ini, sosialisasi dan edukasi penanggulangan bencana kepada masyarakat harus ditinjau lebih jauh lagi jangan sampai tersedat karena hal-hal yang tak wajar. Tak hanya itu, kelengkapan dan pengecekan kembali alat penakar hujan merupakan sebuah kewajiban sebagai bentuk pencegahan bencana alam sejak dini.

Ibarat suatu penyakit akan lebih baiknya memimun obat sebelum terserang penyakit daripada setelah sakit barulah meminum obat. Begitu pula dengan bencana alam di negeri ini, pencegahan sejak dini memang harus dilakukan agar dampaknya pun tidak terlalu besar merusak infrastruktur dan perekonomian suatu negara. 

BNPB dan Kemenkominfo harus lebih pro-aktif dalam mencanangkan sosialisasi, edukasi penanggulangan bencana kepada masyarakat serta persiapan personal, peralatan, dan posko siaga darurat banjir dan longsor. Dan koordianasi antara BMKG dan BNPB harus lebih aktif lagi dalam mencanangkan terkait pemeriksaan infrastruktur secara berkala dan update data harian cuaca yang berpotensi terjadinya bencana. Kesimpulannya, pencegahan bencana alam sejak dini memang sebuah solusi tetapi akan lebih baiknya apabila pencegahan tersebut dilakukan secara sistematis dan bertanggung jawab antara semua pihak yang berwenang.


Reporter : Ando Adhi Putra, KPI 3A  

×
Berita Terbaru Update