x
BREAKING NEWS

Selasa, 25 Desember 2018

Saling Bantu Itu Kuncinya

Tuhan menciptakan semesta alam berserta manfaatnya. Sudah jadi takdir dan kehendak Tuhan mengatur itu semua. Dalam penciptaannya Tuhan memiliki kuasa dan tujuan dari setiap apa yang ia ciptakan, entah itu makhluk hidup atau benda mati bahkan sejagad raya ini hanya Tuhanlah yang mengetahui. Namun Tuhan juga menciptakan semesta alam ini beserta bencananya.

Bencana alam terdapat diberbagai belahan dunia yang menyebabkan kerusakan serta hilangnya banyak nyawa. Tak ada yang bisa mencegah datangnya suatu bencana alam karena manusia tidak ikut andil dalam bencana tersebut. Manusia hanya dapat meningkatkan kewaspadaannya terhadap bencana alam yang seringkali terjadi secara tiba-tiba. Seperti Tsunami dan gempa bumi yang terjadi di Palu, Makassar, Jumat (28-09-2018) yang memakan korban serta menyebabkan kerusakan yang parah. Pada tahun 2004 Tsunami juga pernah melanda Aceh hingga memporak porandakan wilayah tersebut.

Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, memiliki daratan yang luas, dan Lautan yang mengelilinginya. Ada suatu alasan mengapa Indonesia sering terjadi bencana alam. Posisi Indonesia dikenal berada di Cincin Api Pasifik (Ring of Fire) yaitu daerah 'tapal kuda" sepanjang 40.000 km yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Selain itu, ada juga tumpukan tiga lempeng benua, yaitu lempeng Indo-Australia dari selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari Timur yang menambah keramaian struktur geologi di wilayah negeri ini. Maka tak jarang ditemukan adanya gempa tektonik di Indonesia.

Menyikapi hal ini perlu ditanamkan rasa peka dan peduli terhadap sesama manusia. Hukum alam memang tidak bisa dilawan namun manusia dapat menyiasati dengan bijak persoalan bencana alam, contohnya dengan cara menggalang dana, memberikan sandang pangan untuk membantu para korban. Menghadirkan relawan diantara korban untuk membatu secara fisik dalam kehidupan sehari-hari, mendirikan posko-posko dan tenda untuk tempat tinggal sementara. Saling berbelas kasih merupakan tindakan yang harus dilakukan guna memulihkan kembali duka yang dirasakan korban bencana alam dan memberi motivasi terhadap sesama agar dapat memupuk kembali semangat untuk berjuang menuju kehidupan yang lebih baik.

Oleh : Randy Aldiyatama D, KPI/3C

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia