x
BREAKING NEWS

Jumat, 14 Desember 2018

Menikah Untuk Sedunia Sesurga

Judul Buku : Untukmu, Calon Bidadariku; Dariku Calon Imammu

Penulis : Ahmad Rifa'i Rif'an

Penyunting : Abu Mumtaza

Desain Sampul : Rizqia Sadida

Ilustrasi Isi : PDA Studio dan Rizqia Sadida

Proofreader : Bayu Surya

Cetakan I, Mei 2017/Sya'ban 1438 H

Penerbit : Mizania, PT Mizan Pustaka

ISBN : 978-604-418-167-3


Judulnya sangat memikat para wanita yaitu Untukmu, Calon Bidadariku; Dariku, Calon Imammu, membuat penasaran wanita tentang apa pesan seorang lelaki kepada calon istrinya kelak. Tidak hanya itu, buku ini juga membuat penasaran lelaki tentang apa saja ungkapan dari dalam hati untuk sang pujaan hatinya.

Buku karya Ahmad Rifa'i Rif'an dengan judul Untukmu, Calon Bidadariku; Dariku, Calon Imammu, memiliki 7 surat cinta atau terdiri dari 7 bab. Surat ini adalah isi hati seorang lelaki kepada calon istrinya kelak dengan berbentuk pesan-pesan singkat untuk menyamakan visi misi dalam pernikahan. Buku ini juga merupakan pengantar seorang lelaki untuk berta'aruf dengan seorang wanita.

Dari sub judul bukunya saja bertuliskan Surat Cinta. Surat cinta ini terbagi menjadi 7 atau setara dengan 7 bab dengan judul yg sama. Setiap babnya menceritakan surat cinta seorang lelaki kepada sang pujaan hati dengan pembahasan yang berbeda. 

Surat cinta ini menggambarkan harapan-harapan seorang lelaki kepada calon istrinya kelak. Dengan dibubuhi beberapa ayat al-Qur'an dan Hadits Rasulullah, memberi kesan kebenaran ajaran agama Islam dalam hubungan seorang lelaki dan perempuan. Maka buku ini cocok dibaca untuk kalangan jomblowan dan jomblowati.

Surat Cinta

Surat cinta part 1 membahas bahwa buku ini ditujukan kepada calon istri tentang harapan yang diimpikan oleh calon suami. Buku ini berbentuk surat, maka seakan-akan ada seorang lelaki yang sedang berbicara dengan calon istri yang masih dirahasiakan. Surat pertama ini membahas bahwa seorang lelaki tidak hanya ingin menua bersama, tetapi juga sedunia sesurga.

Selain itu, pada bagian ini harapan seorang lelaki yaitu kelak istrinya bisa menjadi teman yang dapat membantu amanah suami yang sangat besar. Karena hanya dengan bantuan istri yang shalihah, tugas dan amanah besar suami akan terselesaikan. Seperti bila seorang imam lupa, maka makmum di belakang akan mengingatkan.

Dibagian ini juga, orang yang ingin menikah seringkali menginginkan pasangan yang sempurna. Tetapi itu tidak benar, kita tidak boleh mencari sosok yang sempurna tapi jadilah sosok yang sempurna untuk menyempurnakan pasangannya. Maka kita harus menjadi orang yang dicintai Allah, agar dicintai oleh orang yang baik (halaman 22).

Isi surat cinta part 2, menjelaskan bahwa pernikahan adalah surga dunia sebelum surga di akhirat. Pernikahan juga merupakan amanah bagi suami dan istri. Maka kewajiban sebelum menikah juga harus sudah ditunaikan, seperti sholat wajib yang harus diperbaiki oleh keduanya agar tiang pernikahan itu kuat (halaman 28).

Surat cinta part 3, menjelaskan tentang niat pernikahan. Ini bisa menjadikan contoh menyatukan visi dan misi dalam pernikahan. Karena seluruh amal perbuatan itu tergantung pada niatnya, jika niatnya salah maka amalnya pun akan salah pula. Niat pernikahan yaitu ingin meraih cinta Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah (halaman 45).

Isi surat cinta part 4 berisi mengenai harapan calon suami agar istrinya menjadi madrasah (sekolah) pertama bagi anak mereka kelak. Karena anak adalah amanah dari Allah yang akan dipertanggung jawabkan kelak di sisi-Nya. Juga sudah jadi tugas bersama untuk mendidik anak.

Surat cinta part 5 berisikan tentang harapan seorang lelaki untuk menua bersama sang pujaan hatinya. Seorang wanita yang akan menemani untuk menghadapi beragam ujian karena perjalanan menua memakan waktu yang panjang. Juga untuk selalu menunaikan hak suami istri.

Dilanjut dengan surat cinta part 6 yang menceritakan isi surat seorang lekaki kepada wanita untuk sama-sama menghindari penghancur keluarga. Terutama ketidakpuasan kepada pasangan yang telah dinikahi. Yang pasti menikah bukan untuk mencari sosok yang sempurna untuk dicintai, namun cara kita belajar mencintai orang yang tidak sempurna dengan cara yg sempurna (halaman 109).

Pada surat cinta part 7 adalah ujung tulisan atau pesan terakhir yang lelaki sampaikan pada wanita sang pujaan hatinya yang kelak akan jadi istrinya. Lelaki itu berpesan tentang masa depan pernikahan yg didambakan. Dan semoga dengan mengetahui hal ini, calon pasangan suami istri sudah memiliki lukisan rumah tangga seperti apa yang akan dibangun kelak.

Kelebihan buku ini ditunjukkan dari kemasan covernya yang menarik dan membuat penasaran para wanita untuk membaca karena buku itu diperuntukkan bagi seorang wanita si calon bidadari. Namun, tidak hanya wanita yang dapat membaca buku ini, lelaki pun bisa membaca agar dapat menyatukan visi dan misi dalam pernikahan kelak. Dengan gaya bahasanya menunjukkan seperti surat yang sedang dibacakan oleh seorang lelaki kepada sang pujaan hatinya.

Kelebihan lainnya terletak pada isinya yang diwarnai dengan desain-desain agar si pembaca tidak bosan untuk membaca. Juga dengan isi bukunya yang menyerupai surat maka ditulis secara singkat untuk menyatakan poin-poin yang harus diperhatikan dalam membangun rumah tangga kelak. Tak lupa diisi dengan beberapa ayat al-Qur'an dan hadits menambah keyakinan seorang wanita untuk membangun rumah tangga bersamanya.

Kekurangan dari buku ini terkadang ada dibeberapa halaman dengan latar belakang berwarna gelap namun tulisannya pun gelap jadi ada beberapa kalimat yang sulit untuk dibaca. Buku tahun 2017 ini sudah dibandrol dengan harga yang murah yaitu Rp. 25.000,-, namun ketersediaannya sudah sangat terbatas. Saya sangat merekomendasikan para wanita untuk membaca buku ini agar bisa menanamkan visi dan misi yang harus dibangun untuk pernikahannya kelak.


Mira Novianda, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jalan Desa Cipadung Gg. Kalapa Tilu No. 256 RT 01/013 Kel. Cipadung Kec. Cibiru, Bandung. 089656479891. miranovianda9h@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia