x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 Desember 2018

Bermanfaat setelah dirugikan

Oleh : Muhammad Raihan Anwar
Bagaikan sebuah pedang bermata dua, cincin api pasifik memiliki latar belakang, yang dapat menimbulkan efek negatif yang sangat merugikan serta mematikan, atau bahkan mempunyai efek positif yang berguna bagi semua umat manusia yang ada di sekitarnya.
Cincin Api atau Ring Of Fire adalah sebutan untuk daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini merupakan wilayah yang paling banyak mengalami gempa di karenakan pergerakan lempeng yang terus menerus terjadi.
Apa sajakah efek negatif dan positif  yang di sebabkan oleh gunung berapi  ? Tentu saja yang pertama kali merasakan  dampak dari kejaidan tersebut adalah masyarakat yang berada di dekat  gunung berapi tersebut
Pada sub sektor tanaman serta peternakan, meletusnya gunung berapi menyebabkan banyaknya tumbuhan dan hewan yang mati akibat debu vulkanik. Sub perikanan, air tercemar dikarenakan air yang terkena debu vulkanik mengandung asam yang berbahaya bagi ikan-ikan
Begitu juga ada manfaat yang di timbulkannya. Sisa-sisa aktivitas Gunung Merapi dapat menghasikan bahan-bahan tambang yang berguna dan bernilai tinggi. Seperti belerang, batu pualam dan lain-lain. Membangkitkan industry semen dan industry yang berkaitan dengan insfrastuktur bisa bangkit, termasuk bisa menyerap banyak tenaga ahli untuk memulihkan infrastruktur dan sector lainnya di kawasan terkena musibah.
Dapat disimpulkan sesuatu itu buruk atau baik, dikarenakan setiap segala sesuatu yang telah diciptakan mempunyai makna di setiap kehadirannya, syukuri kehadirannya sekecil apapun manfaatnya atau sebesar apapun kerugiannya.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia