x
BREAKING NEWS

Jumat, 02 November 2018

Ustadz Dr. H. Hanafi : Ikhlas Karena Allah, Dalam Segala Tindakan

Dakwahpos.com, Bandung- Persoalan mengenai keikhlasan memang perlu ditanamkan pada diri setiap individu. Bahkan tak jarang persoalan mengenai ikhlas, sering ditekankan oleh para orang tua kepada anaknya, para guru kepada muridnya, serta para Ustadz kepada jemaahnya. Seperti yang disampaikan oleh Ustadz Dr. H. Hanafi dalam ceramahnya yang bertema tentang keikhlasan. Ceramah ini bertempat di Masjid Al Hidayah, Jl. Manisi, Gg. Manisi VI, no. 124, RT 04 RW 03, Kelurahan Pasirbiru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Kegiatan ceramah ini dilaksanakan setiap hari kamis, yang dihadiri oleh ibu-ibu. Dalam ceramahnya, Ustadz Hanafi menekankan kepada jamaah untuk selalu bersikap ikhlas. Ikhlas yang disampaikan Ustadz Hanafi tidak hanya dalam beberapa hal, namun juga berkaitan mengenai berbagai persoalan dalam hidup.

Segala perbuatan yang apabila dilakukan dengan ikhlas, maka kita akan mendapat pahala dari Allah. Misalnya dalam hal bersedekah, jika kita ikhlas untuk bersedekah walaupun dalam jumlah kecil maka kita akan mendapat pahala. Karena Allah tidak akan menerima segala amalan kecuali untuk mencari ridhaNya.

"Ikhlas itu dalam hal apa saja? ikhlas dalam beribadah, ikhlas dalam berdoa, serta kita juga harus ikhlas dalam menerima takdir Allah" Ujar Ustadz Hanafi kepada ibu-ibu, Kamis (18/10/2018).

Dalam ceramahnya, Ustadz Hanafi membahas ikhlas dalam ibadah, jika kita melakukan ibadah dengan ikhlas maka kita akan melaksanakannya dengan khusyuk. Kemudian jika kita sedang berdoa kepada allah maka kita harus ikhlas, jika kita ikhlas insyaAllah apa yang kita harapkan dapat terkabul. Termasuk juga ketika sedang mendapat musibah, kita juga harus ikhlas karena kita percaya segala sesuatunya berasal dari Allah dan pasti ada hikmahnya.

Berusahalah untuk menjadi ikhlas meskipun mungkin awalnya terasa sulit. Jika kita selalu merasa kurang dengan apa yang Allah berikan dan apa yang telah Allah takdirkan, itu tandanya bahwa kita belum ikhlas. Karena sejatinya, ikhlas mencangkup segala perbuatan dan segala hal yang kita terima hanya karena Allah.

   
Reporter : Edra Adha Yati, KPI 3.A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project