x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Menanggulangi Krisis Air

oleh : nur alfiah agustina

Seperti yang kita ketahui pengaruh air sangatlah besar terhadap kelangsungan hidup bagi  semua jenis makhluk hidup, terutama kita sebagai manusia. Selain itu, air banyak memiliki manfaat bagi kita sebagai sumber kehidupan. Dimana kita minum, makan, mencuci dan bercocok tanam untuk menghasilkan makanan juga tidak luput dari adanya sumber air.

Ketersediaan air bersih bagi sebagian masyarakat terbilang merupakan hal yang mulai sulit untuk didapatkan. Kemudian menginjak kepada permasalahan datangnya musim kemarau saat ini yang sudah mulai kita rasakan dari sejak bulan april menurut BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Dampak dari terjadinya musim kemarau ini sangatlah besar sehingga mengakibatkan terjadinya krisis air. Masyarakat sudah pasti berusaha mencari solusi dari terjadinya fenomena ini.

Akibat terjadinya kemarau panjang inilah kita harus bisa menggali pemikiran serta kemampuan kita agar bisa tetap bertahan hidup. Seperti fenomena yang saat ini terjadi di wilayah tertentu mereka banyak yang menggunakan jasa pengeboran air yang dapat meminimalisir tempat dan waktu, karena dengan melakukan pengeboran ini kita hanya butuh tempat strategis untuk mendapatkan air tanpa memakan waktu lama. Walaupun memang menghabiskan lumayan banyak dana, pengeboran itu bisa dijadikan salah satu solusi. Upaya sekelompok masyarakat agar dapat melakukan pengeboran itu dengan meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan, mereka dapat bekerjasama dengan tetangga terdekat.

Contohnya jasa pengeboran yang menghabiskan sekitar 15jt. Untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan agar tidak kemahalan, kita dapat mengajak tetangga terdekat untuk menggunakan jasa pengeboran dengan membayar sesuai jumlah anggota yang ikut menggunakan jasa tersebut. Jika disuatu tempat ada masyarakat yang menggunakan jasa pengeboran seharga 15jt dan rumah yang memakai jasanya berjumlah 4 rumah, maka biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 3.750.000,-/rumah.

Dengan demikian salah satu cara menanggulangi krisis air saat kemarau ini, bisa dengan cara melakukan pengeboran air dan mungkin tidak hanya itu kita juga bisa melakukan beberapa cara penghematan air dengan tidak membuang – buang air secara sengaja. Kita harus bisa menggunakan air sebaik mungkin apalagi saat terjadi nya musim kemarau saat ini.

Hormat saya :
Nama : Nur alfiah agustina
Alamat : Cisalatri Utara Rt 02/08 No 21A , Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung
Email : alfiah.agustina@gmail.com
No hp : 089680810871
NIM : 1174020121
Semester /Jurusan : 3 / komunikasi penyiaran islam
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project