x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Kekeringan? Libatkanlah Tuhan

Oleh : Nenden Siti Nurhasanah 

Tiada awan dilangit yang tetap selamanya, tiada mungkin cuaca akan terang terus menerus. Langit terang, panas yang terik tidak pernah berganti menjadi teduh, mendung dan kemudian menjadi turun hujan. 

Seperti yang telah kita rasakan beberapa bulan belakangan ini, kemarau telah melanda Negeri kita tercinta. Hujan enggan untuk turun, bahkan matahari enggan untuk bersembunyi di balik awan, sehingga matahari tetap bersemangat memancarkan cahayanya yang sangat terik. 

Pemandangan orang memikul derigen  dan mengantri untuk mendapatkan air mungkin sudah menjadi hal biasa di beberapa daerah di Indonesai. Ya! Kemarau yang menimbulkan warga sulit untuk mendapatkan air.  Krisis air merupakan suatu keadaan yang tak bisa di atur oleh kehendak manusia.  Meskipun pemerintah telah mengeluarkan solusinya seperti membuat bak penampungan air atau bahkan menyediakan jasa kiriman air. Tetapi jika kemarau terjadi dalam jangka waktu panjang alam akan tetap membutuhkan asupan gizinya, tidak hanya sinar matahari yang alam butuhkan tetapi juga alam membutuhkan siraman air hujan, begitu juga manusia yang membutuhkan air. 

Tetapi untuk saat ini hujan enggan untuk turun, mungkin ini sedikit teguran dari sang Maha Kuasa, agar manusia tidak hanya mengandalkan usaha manusia tetapi Dia ingin Dia terlibat di dalamnya. Ya! Libatkanlah Tuhan dalam menghadapi bencana sekecil apapun. 

Jika kita berangkat dari keyakinan, syariat islam telah memberikan tuntunan jika terjadi kemarau panjang, hujan tak kunjung turun, dan suatu daerah mengalami kekeringan maka mintalah kepada Allah SWT. Salah satunya dengan mengerjakan salat istisqa yaitu salat meminta diturunkan hujan. 

Salat Istisqa merupakan solusi jitu dalam mengatasi kekeringan yang telah kita alami, karena tidak ada seorang pun di dunia ini yang bisa menurunkan hujan kecuali Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika hujan telah turun maka kekeringan sedikit demi sedikit akan teratasi.


Nenden Siti Nurhasanah, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung. 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project