x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Gunakan Dengan Baik Selagi Ada

Oleh: Rismayanti Purnama

Hujan yang tak turun dalam waktu yang lama membuat makhluk hidup resah akan kebutuhan air. Krisis air yang kerap terjadi saat musim kemarau akan meyebabkan makhluk hidup kesulitan dalam melakukan aktivitas khususnya manusia.

Sebagian manusia tidak begitu memikirkan pencegahan agar krisis air tidak terjadi. Ketika musim kemarau tiba, mereka hanya dapat menunggu bantuan dari pemerintah maupun relawan.
Menurut saya manusia terlalu berlebihan dalam menggunakan air. Tanpa berpikir panjang, air digunakan seenaknya dan terbuang sia-sia. Ketika air mulai terasa mengurang, kita sebagai konsumen terbesar air baru menyadari bahwa air sangatlah penting bagi kehidupan.
Sebagai manusia zaman now, sebaiknya kita dapat memikirkan terobosan-terobosan baru untuk menghadapi musim kemarau yang akan datang. Hal sederhana yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan air sebaik mungkin. Kita juga dapat memisahkan air sebagai cadangan dalam jeriken, tangki bahkan sumur. Membuat penampungan air hujan dan melakukan penghijauan akan menolong penyimpanan air. Pembangunan sumur juga dapat mengatasi krisis air, tetapi akan lebih sulit membuatnya.

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project