x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 September 2018

Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat


Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. jika mengutip dari perkataan pepatah tersebut, maka kesehatan tubuh lah yang membuat jiwa kita jadi kuat dan tubuh kita sehat. kesehatan tidak datang dengan sendirinya pasti dengan proses menjaga agar tubuh kita sehat dan selalu sehat. Tubuh akan sehat jika dibarengi dengan olahraga serta menjaga pola makan. olahraga terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan dan menjaga keseimbangan tubuh kita. Makanan juga sangat berkontribusi besar dalam kesehatan tubuh kita, Namun bukan sembarangan makanan tapi makanan yang tentunya bernutrisi tinggi serta berserat. Makanan yang berupa sayur-sayuran, buah-buahan serta makanan yang banyak mengandung nutrisi dan gizi. 

Dalam berolahraga dan makan perlu dilakukan secara rutin dan konsisten agar tubuh selalu seimbang dan tidak mudah terkena serangan penyakit apapun. Apalagi kita berada di zaman yang serba instan di mana orang-orang dapat melakukan sesuatu dengan cara yang instan. Misalnya seperti mencari informasi tentang suatu berita orang datang dapat menemukannya dengan mudah tinggal mencari di internet, dengan kemudahan yang demikian tentulah kita dapat melakukan suatu pencarian tentang cara untuk menjaga kesehatan di internet dengan mudah. 

Olahraga yang sangat recommended yaitu lari karena olahraga ini tidak memerlukan biaya yang besar, tempat yang jauh ataupun sarana yang mewah.Semua olahraga sebenernya recommended tergantung hobi dari kitanya masing-masing apa kita menyukai sepak bola, futsal, badminton dan olahraga yang lainnya karena semua olahraga itu dapat menyehatkan tubuh kita jika dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan porsi dari kekuatan tubuh kita menerima apa yang kita lakukan. Itu dari segi olahraga sedangkan dari segi pola makan yang sangat recommended yaitu segala jenis sayur-sayuran yang hijau, susu dan buah-buahan serta ikan agar semua seimbang memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. 

Mengingat saat ini pecandu gadget hampir seluruh kalangan hampir setiap saat seperti lagi dikantor, di tempat tongkrongan dan ditempat lainnya pasti selalu dengan gadget. Hal tentunya membuat kesadaran akan pentingnya kesehatan mulai berkurang dan mampu berdampak buruk pada kondisi sosial masyarakat. Mangkanya perlu adanya peningkatan kesadaran untuk kembali berolahraga. 

Selain olahraga dapat menjaga kesehatan juga ternyata mampu meningkatkan kecerdasan dan mengurangi level stres seseorang. Salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan manusia yang utama adalah mampu meningkatkan kebugaran dan energi tubuh. Olahraga secara teratur meskipun hanya 30 menit per hari akan mampu meningkatkan kebugaran tubuh secara berarti. Memiliki kebugaran tubuh yang baik akan membuat kita tidak mudah lelah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam bekerja atau belajar akan mampu berkonsentrasi dalam jangka waktu lama dan tidak akan mudah lelah.

Bagi yang tidak pernah berolahraga, merugilah. Berolahraga akan meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi serangan-serangan penyakit, salah satunya karena mampu meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Meningkatnya jumlah oksigen dapat meminimalisir efek radikal bebas yang ada di dalam tubuh karena oksigen merupakan anti-oksidan. Radikal bebas yang mampu merusak susunan protein dalam tubuh terbukti dapat memicu kanker yang sukar diobati dan ada banyak macamnya. Selain itu radikal bebas dapat memicu penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Selain yang tertera diatas ternyata olahraga juga dapat memperlancar peredaran darah, mengurangi lemak tubuh, diabetes, osteoforosis, stroke dan hampir seluruh penyakit lain. Penyakit ringan juga dapat disembuhkan dengan berolahraga seperti flu, karena yang olahraga dapat menjaga imunitas tubuh.


Harrival Iswal Fauzi Rinfa

Mahasiswa UIN BANDUNG

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project