x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 September 2018

Jangan Biarkan Generasi Muda Terbius Narkoba

"Jangan Biarkan Generasi Muda Terbius Narkoba"

Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Kini penyalahgunaan narkotika tak mengenal profesi atau kalangan. Mulai dari artis, polisi, pedagang, hingga pejabat, bahkan remaja sebagai generasi penerus bangsa pun sudah terlena dengan namanya narkoba. Penyalahgunaan obat terlarang (narkoba) disejajarkan dengan korupsi, dan digolongkan sebagai kejahatan luar biasa yang menjadi ancaman terbesar bagi bangsa Indonesia.

Dulu banyak yang berpendapat bahwa mayoritas yang mengonsumsi narkoba adalah remaja. Hal ini dilihat dari latar belakang sosial mereka yang buruk, seperti keluarga yang kurang harmonis dan masalah ekonomi. Tapi, sekarang pendapat ini sangat lemah. Banyak sekali remaja dari keluarga yang mapan dan harmonis yang menjadi pecandu narkoba. Hal ini dikarenakan remaja memiliki sifat mencoba sesuatu yang baru, sesuatu yang menurutnya menarik dan itu patut untuk dicoba.

Upaya-upaya penyelamatan bagi pencandu narkoba dapat dilakukan dengan bantuan Badan Narkotika Nasional yaitu dengan melakukan penyuluhan dan sosialisai kepada masyarakat dan melakukan tindakan penyelamatan bagi generasi muda dengan pembinaan dan perawatan serta pemberian pengetahuan tentang narkoba.

Jika dilihat dari kasus-kasus yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini, masalah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan pelajar dapat dikatakan sulit di atasi, karena penyelesaiannya melibatkan banyak faktor dan kerjasama dari semua pihak. Narkoba adalah isu yang kritis dan rumit yang tidak bisa diselesaikan oleh hanya satu pihak saja. Karena narkoba bukan hanya masalah individu namun masalah semua orang. Mencari solusi yang tepat merupakan sebuah pekerjaan besar yang melibatkan dan memobilisasi semua pihak baik pemerintah, masyarakat, media massa, keluarga, remaja itu sendiri, dan pihak-pihak lain.

Untuk memerangi dan melakukan perlindungan bagi remaja maupun pelajar, perlu dilakukan pencegahan dan tidak hanya sekedar pemberantasan saja. Selain itu, perlu dilakukan rehabilitasi pengguna narkoba.

Indah Lestari (KPI III/B)

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project