x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 September 2018

Butuh Dana Banyak untuk Renavasi Masjid Al-Istiqomah


Butuh Dana Banyak untuk Renavasi Masjid Al-Istiqomah


DAKWAHPOS.COM, Bandung, 17 September 2018. Masjid Jami Al-istiqomah didirikan oleh Rd. KH. Ahmad Masyhud (Alm), pada tahun 1943, dan masjid ini termasuk salah satu masjid tua di kota bandung.
Masjid ini terletak di ujung kota bandung (madiya). Berbatasan dengan kabupaten bandung. Lebih tepat nya di Jl. Raya Cijerah, 145 Bandung. 

Masjid ini berukuran cukup besar dengan panjang 50 meter dan lebar 30 meter, dan memiliki kapasitas jamaah yang cukup banyak, yaitu dapat menampung kurang lebih sekitar 450 s/d 500 jamaah. 
Setiap hari jum'at masjid ini selalu dipenuhi oleh jemaah yang akan melaksanakan shalat jum'at. Bahkan saking banyak nya jemaah, tidak jarang para jemaah banyak yang tidak kebagian tempat untuk shalat di dalam masjid. Dan terpaksa mereka harus shalat di pelataran atau serambi masjid.

Masjid tersebut dulu pernah direnovasi pada tahun 1963, dan kini sudah mengalami pelapukan pada bagian-bagian tertentu, terutama pada bagian atap masjid. Terkadang kalau hujan turun deras, maka air hujan akan masuk ke dalam masjid melalui atap yang telah lapuk, dan itu membuat karpet di dalam masjid basah dan bau. Hal tersebut membuat jemaah yang akan melaksanakan shalat merasa tidak nyaman.
Kini masjid tersebut direnovasi kembali terutama pada bagian atap nya. Renovasi masjid tersebut sudah dimulai pada 14 Agustus 2018. kini renovasi masjid tersebut terlihat akan segera selesai.

Biaya awal untuk renovasi masjid itu tersedia uang sebesar Rp: 140.000.000,00. Yang bersumber dari uang kotak amal, infaq, sedekah dan dari para donatur-donatur yang ada di sekitar masjid. Begitupun dari para santri yang mengumpulkan dana masing-masing, ataupun dari orang tua para santri yang sengaja memberikan sedekah nya untuk renovasi tersebut.

Setiap minggu masjid ini mendapat pemasukan dana dari kotak amal jemaah shalat jumat kurang lebih sebesar Rp: 1.500.000,00. Dan dana tersebut selalu digunakan untuk menambah pemasukan uang renovasi masjid.

Sampai saat ini dana yang diperlukan untuk tahap penyelesaian renovasi masih banyak. Terutama untuk membeli bahan-bahan bangunan seperti penyangga genting, reng, genting dan lain-lain. Begitupun untuk membayar para tukang bangunan yang setiap minggunya harus dibayar dengan jumlah uang sebesar Rp: 2.400.000,00. Untuk lima orang tukang bangunan tetap. Berarti satu bulan sebesar Rp: 9.400.000,00. 

Dan untuk sekarang. Dana yang paling dibutuhkan adalah untuk membeli genting. Genting yang dibutuhkan sebanyak 3700 genting. Dan harga beli untuk satu genting adalah Rp: 9800,00. Sementara dana yang masih ada saat ini sudah berkurang. Maka dari itu, siapapun yang ingin memberikan sedekah, infaq, dan wakaf nya, silakan bisa menghubungi pengurus masjid setempat. Persiapkan perjalanan akhirat anda dengan membeli tiket nya (infaq,sedekah,wakaf). 


Reporter: Moch. Raffka Yusuf S, KPI/3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project