x
BREAKING NEWS

Rabu, 11 Oktober 2017

Stop Kebiasaan Plagiasi

Oleh : Muhamad Nursubanudin Alwi

Sikap serba ingin praktis dalam menyelesaikan suatu karya ilmiah, dengan cara meniru karya orang lain  tanpa berfkir kembali akan efek jera yang ditimbulkan adalah kebiasaan yang sangat merugikan. Tanpa kita sadari hal inilah yang menjadi kebiasaan buruk bagi golongan terpelajar saat ini, entah kapan dan siapa yang memulainya yang pasti ini adalah hal yang buruk.

Secara tidak sadar kebiasaan inilah yang menyebabkan penurunan mental dan kepercayaan diri, membuat rasa keingintahuan terhadap sesuatu hal akan berkurang, dan rasa semangat juang dalam menyelesaikan segala sesuatupun akan hilang. 

Kebiasaan  plagiasi inilah yang mesti kita perbaiki, jangan sampai menjadi peyakit ketergantungan dalam menyelesaikan suatu tugas ataupun karya ilmiah, tidak hanya cukup dengan meniru tanpa mencari tahu dulu akan apa yang menjadi landasan dasarnya.

Maka dari itu kitalah yang harus memulainya sebagai inavator bangsa, merubah mainset kbiasaan kita ke arah yang lebih baik jangan hanya cukup dengan memplagiasi namun kita harus mampu untuk bisa berpikir kritis bahkan membuat sesuatu hal yang baru, tanpa harus memplagiasi karya oranglain.



Penulis,  Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio