x
BREAKING NEWS

Selasa, 03 Januari 2017

Sistem Manajemen Komunikasi : Teori, Model dan Aplikasi

Resensi oleh :Husna Ginanisa

Judul : Sistem Manajemen Komunikasi : Teori, Model dan Aplikasi
Penulis : Dr. Dewi K.Soedarsono
Cetakan, tanggal terbit : I, Agustus 2009
Penerbit : Simbiosa Rekatama Media
ISBN : 978-602-7973-26-8
16 x 24 cm, 142 Halaman
Isi : HVS 70 gram, B/W ; Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Harga : Rp.34.000  
Husna Ginanisa


Sistem manajemen kerja yang efektif, yang mampu menciptakan iklim kerja yang menyenangkan akan membuahkan perilaku anggota organisasi/perusahaan yang kondusif dan sesuai dengan misi organisasi/perusahaan. Untuk mengarahkan terciptanya mekanisme kerja yang efektif, perlu dibentuk suatu system manajemen yang strategis, yang dapat menggiatkan setiap unsure dalam organisasi/perusahaan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan ialah dengan MANAJEMEN KOMUNIKASI.

Pendekatan Manajemen Komunikasi dalam mengelola organisasi/perusahaan kini semakin banyak dilakukan karena telah memberikan efek yang positif bagi anggota organisasi/perusahaan dalam mencapai tujuannya. Strategi komunikasi yang dirancang dengan baik, tidak hanya memudahkan penyampaian informasi dalam suatu perusahaan/organisasi, tetapi juga berdampak pada kegiatan pembentukan opini public.

Buku Sistem Manajemen Komunikasi: Teori, Model dan Aplikasi ini memberikan wacana baru dalam menjawab kebutuhan masyarakat mengenai system pengelolaan perusahaan melalui pendekatan manajemen komunikasi. Untuk lebih memberikan gambaran nyata, disertakan pula aplikasi system manajemen komunikasi dalam pengelolaan organisasi/perusahaan radio siaran swasta atau stasiun radio.

Karenanya buku ini tidak hanya bermanfaat bagi para mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Jurusan Manajemen, tetapi akan bermanfaat pula bagi pengusaha, Kepala SDM, dan masyarakat umum yang berkeinginan menambah wawasan intelektualnya dalam bidang manajemen dan komunikasi

Buku ini menjelaskan bagaimna cara memahami sebuah organisasi/perusahaan agar lebih kondusif, efisien dan sesuai target. Di dalam buku ini terdapat mengenai teori, model dan aplikasi sebagaimana mestinnya para konseptor atau anggota bahkan pimpinan bekerja dengan semangat seperti yang ingin dicitakan.

Ada beberapa istilah dipakai, seperti istilah sistem manajemen dan komunikasi. Kata tersebut sangat bersinambungan. Istilah sistem terkait dalam sebuah organisasi/perusahaan, sistem sering dianalogikan suatu metode, cara atau petunjuk untuk menghubungkan satu dengan yang lainnya. Ada beberapa pengertian mengenai sistem.

Secara umum, Robert G Murdick menegaskan bahwa "sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk suatu aktivitas atau prosedur umum yang dioprasikan ke dalam data dan/ energi dalam suatu acuan waktu untuk menghasilkan energi atau informasi dan lainnya". Berpijak pada definisi tersebut Murdick kemudian mengembangkan menjadi definisi yang lebih spesifik disesuaikan dengan peruntukannya.

Komunikasi adalah proses yang integral dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen secara sistematis, yang ditunjukan untuk mencapai sasaran/ tujuan organisasi/ perusahaan.

Pendekatan sistem manajemen komunikasi merupakan salah satu alternatif yang digunakan organisasi/perusahaan untuk menjaga aktivitas manajemen dapat berjalan sesuai dengan tujuan.

Dengan proses manajemen dan proses komunikasi, dimana alur pekerjaan dilakukan secara menyeluruh dengan hierarki dalam struktur organisasi.

Fungsi-fungsi manajemen dikomunikasi sebagai informational roles, dimana manajemen memegang peranan besar untuk mengerjakan aktivitas anggota organisasi/perusahaan secara bersama-sama mencapai tujuan dan hasil yang efektif.

Kelebihan

Buku sistem manajemen komunikasi layak untuk dibeli dan dibaca, banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari teori, model dan pengaplikasian, tidak hanya untuk mahasiswa saja bisa juga untuk pengusaha, kepala SDM, dan masyarakat umum yang berkeinginan menambah wawasan keintelektualannya dalam bidang manajemen dan komunikasi.

Kesimpulannya sistem managemen kerja yang efektif, yang mampu menciptakan iklim kerja yang menyenangkan dan membuahkan prilaku anggota organisasi/perusahaan. Pendekatan menejemen komunikasi dalam mengelola organisasi/perusahaan kini semakin banyak dilakukan karena telah memberikan efek positif bagi anggota organisasi/perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Semoga bermanfaat dengan adanya buku Sistem Managemen Komunikasi lebih baik dalam mengelola segala kegiatan formal dan nonformal.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio