x
BREAKING NEWS

Kamis, 15 Desember 2016

Sadar Lingkungan Cegah Banjir

 

Oleh: Damar Retno Dhyanti

Musim hujan yang sedang melanda beberapa wilayah Indonesia dan tak jarang mengakibatkan banjir. Hujan deras yang mengguyur menyebabkan saluran air tidak dapat menampung debit air yang berlebihan, sehingga meluap ke jalan. Air yang meluap ini menyebabkan banjir. Banjir yang terjadi mengakibatkan aktifitas masyarakat terganggu. Jalanan menjadi macet di pagi hari dikarenakan air yang menggenang.

Lalu lintas jadi tersendat karena banjir. Macet yang terjadi di pagi hari akibat banjir, menyebabkan orang-orang yang bekerja di pagi hari serta anak sekolah terganggu. Mereka datang telat ke tempat kerja dan sekolah akibat banjir. Banjir juga mengakibatkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal hingga diare.

Banyak orang-orang kurang menyadari banjir yang terjadi di akibatkan sampah yang dibuang sembarangan. Kebiasaan buang sampah sembarangan selain menyebabkan banjir juga merusak lingkungan. Kebanyakan sampah yang berserakan adalah sampah plastik yang sulit terurai oleh tanah.  Sampah yang menumpuk juga mengakibatkan saluran air tersumbat, sehingga air yang masuk jadi terhambat oleh sampah. Air naik ke permukaan jalan dan menyebabkan banjir.

Jika orang-orang lebih sadar akan lingkungan maka sedikit kemungkinan banjir akan terjadi. Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, akan mengurangi resiko banjir. Selain itu dapat diadakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan rumah. Dapat dilakukan oleh anggota keluarga bahkan antar-RT. Semakin banyak orang yang sadar akan kebersihan lingkungan, semakin kecil resiko banjir terjadi, karena masing-masing orang memiliki kesadaran sendiri tentang pentingnya menjaga lingkungan. Orang-orang yang membuang sampah sembarangan lalu mereka mengeluh di waktu banjir, seharusnya lebih sadar diri akan perbuatannya.

Dengan demikian sadar lingkungan dapat dimulai dari diri kita sendiri. Cinta lingkungan agar hidup lebih sehat. Tumbuhkan kesadaran pada diri bahwa lingkungan itu penting. Jaga lingkungan maka lingkungan pun akan menjaga kita.  Sadar jika kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya merupakan hal yang tidak baik. Sadar jika banjir terjadi, bukan hanya kita yang terganggu tetapi berdampak juga pada orang lain. Maka dari itu tanamkan kebiasaan buang sampah di tempatnya pada diri sendiri, juga ingatkan oranglain yang membuang sampah sembarangan dengan cara yang baik.

Penulis, Mahasiswi  KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Catatan: Artikel ini pernah dimuat di Forum Media Indonesia, Sabtu 19 November 2016

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio