x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 Oktober 2016

Meninjau Ilmu Dakwah dari Sisi Filsafat

 
ILMU DAKWAH
Perspektif Filsafat Mabadi'asyarah
Dr. H. Tata Sukayat, M.Ag

Cetakan I, 2015
ISBN : 978-602-7973-20-6
16 x 24 cm, 186 Halaman
Isi : HVS 70 gram, B/W ; Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Harga : Rp. 45.000  

Eksistensi dakwah secara praktis tidak diragukan lagi oleh semua pihak. Dalam konteks Islam, dakwah diakui memainkan peran strategis sebagai upaya internalisasi, sosialisasi, publikasi, dan intitutionalisasi nilai-nilai Islam kepada umat manusia. Secara teoretis, para pemerhati dan ahli dari berbagai  bidang ilmu berkesimpulan bahwa dakwah sudah menjadi ilmu tersendiri. Dakwah bukan sekadar bagian dari Ilmu Agama melainkan bagian dari Ilmu Sosial.

Buku ILMU DAKWAH: PERSPEKTIF FILSAFAT MABADI’ASYARAH ini secara substantive merupakan kajian dakwah dari segi filsafat ilmu, yaitu dilihat dari sisi trilogy aspek ilmu (ontology, epistemology, dan aksiologi) yang menjadi panduan dalam mengkaji suatu disiplin ilmu. Trilogi aspek ilmu tersebut kemudian dikembangkan lebih luar dengan menggunakan sepuluh aspek ilmu yang dikenal dengan mabadi’asyarah atau mabdan’asrah, yaitu meliputi hakikat, objek kajian, manfaat, kaitan dengan ilmu lain, keutamaan, perumus awal, nama ilmu, sumber (dasar ilmu), hukum mempelajari, dan problematikanya.

Dengan mengkaji dakwah berdasarkan cara pandang sepuluh aspek ilmu tersebut, diharapkan keberadaan ilmu dakwah akan lebih terstruktur, sistematis, dan masif serta dapat berdiri sendiri sebagai sebuah disiplin ilmu.

Buku ini sangat penting bagi pelaku, pemerhati, mahasiswa, dan dosen yang menggeluti bidang dakwah agar dapat memahami dakwah dan ilmu dakwah lebih komprehensif.

Sumber: http://promosimbiosa.blogspot.co.id/2015/04/ilmu-dakwah-perspektif-filsafat.html

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project