x
BREAKING NEWS

Minggu, 25 Oktober 2015

Jama’ah bertambah, Masjid Baitul Muttaqin Lakukan Renovasi



DAKWAHPOS.COM, Bandung- Masjid Baitul Muttaqin berdiri pada tahun 1993 yang bertempat di komplek perumahan Permata Biru Blok B RW 19 RT 01 kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung yang pada saat itu di komplek tersebut tidak ada fasilitas kepentingan public untuk beribadah. Masyarakat sebagai makhluk soSial berkeinginan untuk menjalin hubungan kekerabatan yang harmonis dikarenakan mayoritas penduduk di komplek itu beragama Islam. Maka sepakat mereka membangun sebuah musholla yang tidak luas,dengan biaya swadaya masyarakat berdiri di sebuah bangunan yang pada tahun 1990 bangunan tersebut bekas gudang.

Pada tahun 1993 juga musholla ini melakukan perluasan sedikit demi sedikit, akhirnya diresmikan menjadi Masjid Jami' Baitul Muttaqin. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2014  musyawarah dilakukan diantaranya ketua DKM yaitu Asep Shodiqin,M.Ag dan bapak Mulihardi sebagai tokoh masyarakat untuk melakukan renovasi masjid ini, disebabkan karena semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka semakin bertambah pula kebutuhan tempat yang luas untuk sarana ibadah dan kegiatan-kegiatan keagamaan yang besifat umum.

Akhirnya, Bulan Januari 2015 pembentukan panitia, dan tidak lama dari itu bulan Maret mulai  dilakukan pembongkaran masjid ini. Banyak kendala yang dialami para panitia, renovasi perluasan masjid ini tidak bisa seperti masjid-masjid pada umumnya yang berlantai dua dikarenakan diatas bangunan masjid ini ada SUTET, perluasan ke sebelah kanan dan kiri pun tidak bisa karena akses jalan. Dengan seizin Allah SWT, akhirnya panitia setuju untuk membeli salah satu rumah yang bersampingan dengan masjid ini, maka perluasan masjid dilakukan dengan membongkar rumah tersebut dan saat ini masjid bertambah luas dua kali lipat dari sebelumnya. Adapun kendala satu lagi yaitu bahwa tanah bangunan masjid ini belum jelas kepemilikannya, tetapi "kami sedang berusaha mengurus-urusnya agar tanah ini bisa disertifikatkan" ujar pak Mulihardi (5/10).
  
Hingga bulan Oktober 2015 ini, pembangunan renovasi masjid Baitul Muttaqin sudah mencapai 70 %, mereka menargetkan selesai di bulan Desember mendatang. Meskipun sedang dalam keadaan renovasi, tetapi masjid ini selalu dipenuhi jama'ah yang akan melaksankan shalat berjama'ah maupun shalat jum'at. Selain itu kegiatan-kegiatan pengajian rutin dan peringatan hari besar islam pun masih tetap berjalan seperti biasa.
Reporter : Nala sakinah (KPI/3/C/1144020123) UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio