Pentingnya melaksanakan sholat berjamaah

Masjid Jami Al Muawanah melaksanakan pengajian rutinan di malam jumaat pada hari kamis, (01/09/2022). Dengan Khatib Ustadz Ziyan Putra Pratama Lc, membahas tentang "Pentingnya melaksankan Shalat Berjamaah"

Ustadz Zian Peratama Lc mengatakan pembahsannya tersebut bertujuan agar masyarakat muslim astau para pendengar untuk senantiasa melaksankan Shalat berjamaah karna diwajibkan bagi peria untuk melaksanakan shlat berjamaah dimasjid.
Dalam agama Islam, Shalat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dikerjakan sehari hari bagi umat muslim. Baik itu shalat subuh yang dilaksankan seblum matahari muncul, dzuhur di siang hari, ashar, magrib, dan isa di malam hari. Kelima amalanshalat  ini mempunyai hokum fadhu atau wajib, sehingga tidak boleh ditinggalkan tanpa alasan.
Shalat berjamaah menjadi amalan yang dapat meningkatkan peluang diterimanya ibadah shalat dibandingkan shalat yang dilakukan secara peribadi. Bukan hanya itu, keutamaan shalat berjamaah juga dapat memberikan banyak pahala serta ampunan dari Allah atas segala dosa.
Terdapat dua pandangan hukum ulama mengenai shalat berjamaah. Di mana menurut jumhur ulama, hukumnya Sunnah mauakad, sedangkan menurut Imam Ahmad Bin Hanbal, shalat berjamaah mempunyai hukum wajib. Perludiketahui, bahwa Rasulullah selalu melaksanakan shlat berjamaah dan tidak pernah meninggalkannya. Rasulullah pim pernah memberikan peringatan keras tentang kewajiban shalat berjamaah, seperti dijelaskan dalam riwayat Imam Bukhori Muslim, yaitu :
"Demi jiwaku yang berada dalam kekuasaan-nya, sungguh aku bertekad menyuruh mengumpulkan kayu bakar, kemudiana aku suruh seorang adzan untuk shalat dan seseorang untuk mengimami manusia, kemudian aku pergi kepada orang-orang yang tidak ikut shalat, kemudian aku bakar rumahnya" 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023