Opini : Toleransi sebagai alat pemersatu bangsa

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia itu mempunyai banyak budaya yang berbeda-beda. Tetapi hal itu tidak akan membuat bangsa Indonesia terpecah belah jika kita mempunyai sikap toleransi yaitu sikap menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada dan menjembatani kesenjangan di antara kita sehingga tercapai kesamaan sikap yaitu saling menghargai. 

Justru dengan banyaknya ragam budaya yang berbeda-beda menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan budayanya yang beragam.
Hanya saja sikap toleransi pun tidak boleh berlebihan. 

Misalnya, Dalam masalah keimanan (aqidah) dan peribadatan (ibadah), kita berpegang pada keyakinan tanpa bergeser sedikit pun, tetapi tetap menghargai orang lain yang berbeda keyakinan dengan kita.

Dalil mengenai toleransi adalah (Q.S. YĆ«nus/10: 40). Dalam ayat ini Allah mengabarkan akan ada dua kelompok manusia. Pertama, yaitu kelompok yang beriman kepada Nabi.Kedua, kelompok yang tidak beriman kepada Nabi.Untuk kelompok kedua ini, Allah memerintahkan kita untuk toleransi kepada mereka selama mereka tidak mengganggu kaum muslimin.

Jadi toleransi adalah sikap manusia untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan. Perbedaan harus dihargai dan dimengerti misalnya perbedaan ras, suku, agama, adat istiadat, cara pandang, perilaku dan pendapat. Perbedaan bukan hal yang salah, justru perbedaan harus dihargai dan dimengerti sebagai kekayaaan, dalam perbedaan itu diharapkan manusia bisa mempunyai sikap toleransi terhadap segala perbadaan.

Sebagai warga Indonesia kita harus memiliki sikap toleransi yang tinggi agar bangsa ini masyarakatnya memiliki rasa nasionalisme. Sikap toleransi patut dijaga demi menjaga keutuhan persaudaraan, tanpa memandang perbedaan.

Tujuan dan manfaat dari toleransi adalah: Menumbuhkan dan menguatkan rasa nasionalisme. Adanya sikap toleransi akan semakin cinta kepada tanah airnya dengan keberangaman Indonesia. Dan menumbuhkan rasa persaudaraan.

Reporter : Novi Nurhikmah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati 
Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023