DKM Baitul Muttaqien Adakan Kajian Islami Bertema "Kesempurnaan Islam"

Dakwahpos.com, Bandung- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitul Muttaqien mengadakan pengajian islami dengan tema "Kesempurnaan Islam". Acara yang dihadiri puluhan jamaah dari warga lingkungan Komplek Permata Biru ini dilaksanakan di Masjid Baitul Muttaqien setelah shalat subuh berjamaah sampai dengan pukul 06.30 WIB pada hari Ahad (17/09/2023).

Pengajian ini diisi oleh Ustadz Syarif Setiawan dan bertujuan untuk menambah wawasan keislaman jamaah agar dapat menjadi insan yang agamis. Dalam kajian tersebut, beliau mengutip dari hadits arba'in nomor 12 yang menjelaskan bahwa keislaman seseorang tidaklah sempurna sampai ia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna dan bermanfaat baginya.

"Salah satu yang membuat sempurnanya islam pada diri seseorang ialah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna dan bermanfaat baginya. Para ulama membagi hal yang tidak bermanfaat tersebut menjadi 3 macam, yaitu hal-hal yang haram, syubhat dan juga makruh. Maka ketiga hal tersebut haruslah kita tinggalkan," ungkap Ustadz Syarif.

Selain itu, ada hal-hal yang Allah SWT tidak sukai dari hambanya jika dilakukan secara berlebihan. Seperti banyak tidur, banyak makan dan banyak berbicara.

"Dan diantara hal-hal yang dibenci oleh Allah SWT yaitu banyak makan, banyak tidur, dan banyak berbicara, karena segala sesuatu yang kita lakukan secara berlebihan akan berdampak negatif bagi diri kita sendiri. Maka dari itu lakukanlah sesuai kadarnya," ungkap Ustadz Syarif.

Kegiatan seperti ini diadakan rutin tiap pekan oleh DKM Baitul Muttaqien dan diisi oleh penceramah dari asatidz yang berbeda-beda. Dengan diadakannya kegiatan pengajian ini DKM Baitul Muttaqien berharap dapat memberikan manfaat bagi para jamaah yang hadir, serta menjadi sarana untuk bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antar warga sekitar.

Reporter: Muhammad Syahru Ramadhan, KPI/3B
( Hide )
  1. Awal kesempurnaan Islam di awali oleh kepemimpinan yang baik. Maka pilih Ganjar Pranowo (2024). Untuk masa depan yg lebih baik

    BalasHapus

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023