Istiqomah dalam Ketaatan Allah

Bekasi, Dakwahpos.com- Khutbah jumat tentu menjadi hal yang wajib dilakukan setiap kegiatan shalat jumat, di berbagai masjid manapun di seluruh Indonesia bahkan Dunia pasti mengadakan khutbah jumat karena wajib hukumnya. Tak terkecuali Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang dalam hal ini Ustadz Amung Ahmad Syahir Muharram, M. Ag. yang bertugas sebagai khotib pada gelaran sholat jumat kali ini pada (30/06/21).

Diawal khutbahnya beliau menyampaikan bahwa hendaklah kita selalu beristiqomah dalam beribadah meski kita sudah 1 bulan meninggalkan bulan ramadhan.

"Sepertinya baru kemarin kita menyambut Ramadhan dan baru kemarin kita meninggalkan ramadhan hari ini sudah satu bulan Lantas apa yang telah kita lakukan apakah kita justru meningkatkan amal ibadah kita atau bahkan kita terlena dan terlihat oleh dunia yang terus saja membutuhkan kita dan untuk selalu menggoda kita agar kita lalai terhadap Allah." Ujarnya pada (30/06/21)

Lalu beliau menambahkan untuk mengaplikasikan hal baik yang kita amalkan di bulan ramadhan di kehidupan sehari-hari.

"Ada satu hal yang oleh Allah sampaikan kepada hamba-Nya bahwa, hendaklah agar kita selalu beristiqamah. Kita harus istiqomah agar ibadah-ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan dapat diaplikasikan pada bulan-bulan berikutnya" ungkapnya.

Ditengah khutbahnya beliau mengingatkan agar jangan sampai terlena dengan hal-hal duniawi dan hasutan syaitan bahkan jika kita sudah banyak beribadah di bulan ramadhan dan sebaiknya tetap mengamalkannya di keseharian kita karena ganjaran bagi orang yang istiqomah adalah surga baginya.

"Tidakkah kita pernah tergoda oleh hal-hal duniawi yang menjerumuskan kita. Sudah banyak fenomena alam yang Allah perlihatkan kepada kita tetapi kita kadang tidak sadar dan kita lalai entah karena ilmu kita terlalu tinggi sehingga kita sombong ingat iblis itu adalah punya ilmu yang sangat tinggi bahkan dia adalah gurunya malaikat tetapi ketika sombong Allah menjatuhkan sejatuh-jatuhnya itupun akan terjadi pada kita manusia diangkat oleh Allah dengan derajat yang tinggi tetapi akan dijatuhkan sejatuh-jatuhnya Allah ketika kita tidak taat dan ingkar kepada perintah uang. Oleh karena itu, barangsiapa yang beristiqomah maka jaminan dari Allah itu adalah surga bapak-bapak"

Dan di akhir khutbahnya beliau juga mengingatkan para jamaah agar menikmati dan mensyukuri hidup ini dengan beribadah pada Allah SWT dan tidak menunda-nunda amal sholeh karena kita akan semakin tua dan waktu tidak akan bisa diulang kembali.

"Marilah dalam hidup ini kita nikmati dan syukuri yaitu dengan beribadah kepada Allah sebagaimana kewajiban kita yang tadi saya katakan jangan menunda amal sholeh. Hasan Bisri pernah menyampaikan wahai anak Adam sesungguhnya kalian itu bagaikan hari dan hari itu akan berlalu setiap harinya sebagaimana berlalunya kalian meninggalkan masa yang lalu hari Berlalu kita tidak bisa kembali lagi pada hari Senin yang kemarin. Begitupun diri kita waktu muda mungkin kita masih bisa melihat dengan baik tetapi ketika usia 40 seketika atas kita sudah dibantu dengan kacamata." Ujar Ustadz yang juga menjadi dosen di UIN Sunan Gunung Djati ini.

Lalu Ustadz Amung Ahmad Syahir Muharram, M. Ag. menutup khotbahnya dengan sebuah doa dari Imam Hasan Bisri yang berbunyi "Allahumma Anta robbuna farzuqnal Istiqomah Wahai Tuhanku satu-satunya Engkau adalah Tuhanku farzuqnal Istiqomah maka anugerahkanlah kepada kami yaitu keistiqomahan"
Mudah-mudahan kita selalu diberikan kekuatan dan keikhlasan untuk terus beribadah pada Allah juga senantiasa diberikan keistiqomahan untuk mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Aamiin.

Reporter: Muhammad Farhan Yazid - 3CKPI - 1204020089
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023