x
BREAKING NEWS

Senin, 04 November 2019

Pedagang Nyaman Berjualan Di Masjid

Oleh : Adam Faza Gimnastiar

Berbagai macam dagangan terlihat berjajar rapi didepan salah satu masjid yang terkenal di daerah Kabupaten Sumedang, masjid yang belum lama dibugarkan ini ialah Masjid Agung Tanjungsari. Masjid yang berada didekat Alun-alun Tanjungsari itu memang kerap ramai dikunjungi masyarakat, bukan hanya untuk beribadah, tapi untuk memenuhi rasa lapar yang dapat diredam ketika kita datang ke masjid ini.

Deretan rapi didepan masjid bukanlah satu satunya jajanan yang berada didaerah Masjid Agung Tanjungsari tersebut, namun ada pula kedai bakso yang memang bersandingan dengan koperasi masjid, yang berada tepat disebelah masjid, atauapun pedagang yang berdiam di pelataran masjid.

Pak Cici (56 Tahun) berkata beliau memang sering berjualan didaerah tersebut, selain karena untuk mencari nafkah, beliau merasa nyaman, aman, dan tenang hatinya ketika berniaga didaerah tersebut. "Bapak sih sebenernya sering didaerah pasar, tapi pulangnya bapak sempatkan berjualan disini, enak aja soalnya tempatnya" beliau juga menambahkan "Nih kalau bapak sampai ke sini jam empat sore, biasanya ya cuma sampai maghrib, kan sholat dulu tuh, jadi enak kalo berjualan disini, nyaman,  setelah berjualan, sholat, baru pulang kerumah".

Terlihat pula suasana yang bergitu menghangatkan hati disini, ketika adzan berkumandang, para pedagang dengan sigap langsung menahan pelayanannya dan mengutamakan sholat terlebih dahulu, hal yang mungkin sulit ditemukan di masjid masjid lain. Hal ini yang akhirnya menimbulkan rasa kagum masyarakat terhadap pedagang didaerah ini.

Bukan hanya itu saja, kenyamanan berniaga tersebut didukung oleh pihak masjid yang tidak mematok biaya sewa apapun atas penempatan gerobak jualan yang berada di pekarangan masjid, selain mengerti keadaan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat sekitar, hal itu pula sebagai bentuk wujud kemanusiaan dari pihak masjid kepada masyarakat utamanya para pedagang tersebut.


Adam Faza Gimnastiar
Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN SGD Bandung
Alamat : Permata Biru Blok T2. 118 RT. 7 RW. 29, Cimekar, Cileunyi, Kab. Bandung, Jawa Barat.
083822662210 (WA), adamfazag6@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia