x
BREAKING NEWS

Minggu, 22 Oktober 2017

Ustadz Ade: Peran Ulama Akan Lengkap Jika Masyarakat Menjadi Partnernya


Dakwahpos.com, Bandung- Ulama adalah orang-orang yang berilmu dan juga mengamalkan ilmunya. Ilmu yang dimaksud di sini adalah ilmu agama. Peran ulama di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting dan jarang sekali bisa tergantikan oleh generasi selanjutnya. Ulama-lah yang akan menjadi rujukan masyarakat. Maka, sebagai rujukan, tentu harus bisa menjadi teladan yang baik. 
Seiring berjalannya waktu, "ulama" menjadi sedikit ternoda oleh perkembangan zaman dan semakin memudarnya pandangan masyarakat terhadap sosok ulama. Kalau dulu ulama menjadi tuntunan, sekarang ulama hanya menjadi sekedar tontonan. 


Peran ulama di masyarakat akan terasa lengkap jikalau masyarakat bisa menjadi partner yang baik. Ulama zaman sekarang akan terasa sulit mengembangkan ilmu dan dakwahnya jika masyarakatnya menjadi penghambat. Maka, antara ulama dan masyarakat harus bahu-membahu secara bersama-sama membangun generasi-generasi muda menjadi generasi yang baik. Sebab, ulama dan masyarakat menjadi faktor penting bagi kebaikan suatu daerah. Jika suatu daerah tidak ada ulama, maka tunggulah kehancuran daerah tersebut. 

Ulama akan menjadi panutan masyarakatnya jika ulama tersebut mempunyai akhlak yang baik. Sebab, dengan mengedepankan akhlak-lah masyarakat akan mudah menaruh hormat. Biar pun zaman sekarang sebagian masyarakat mempunyai pandangan yang berbeda. Namun yang terpenting ulama harus menjadi teladan yang baik dalam hal perilaku akhlaknya.

Peran ulama sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat. Maka, tidak heran jika suatu daerah banyak terdapat ulama akan tentram dan tenang daerah tersebut. Namun, bila suatu daerah tidak ulama akan terasa hampa dan kosong daerah tersebut. Mudah-mudahan di zaman yang penuh godaan ini, akan muncul ulama-ulama yang menerangi dunia dengan ilmu dan akhlaqnya, dengan nasihat dan tuntunannya, dan dengan pesan bijak dan kesantunan berfikirnya.


Reporter: Indah Lestari KPI III/B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project