Ustaz Cecep Anwar: Hindarilah Berbagai Bentuk Maksiat Badan

Dakwahpos.com, Bandung- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitul Muttaqien Cinunuk mengadakan kajian subuh dengan materi menghindari maksiat badan. Kajian ini diisi oleh Ustaz Cecep Anwar dengan menggunakan kitab Safinatun najah. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh ketua DKM Baitul Muttaqien Cinunuk beserta para jemaah lain dari lingkungan Komplek Permata Biru pada hari Ahad (08/10/2023).

Rangkaian acara ini dimulai setelah salat subuh berjemaah, kemudian dilanjutkan dengan zikir dan doa bersama dan barulah Ustaz Cecep memimpin pengajian. Dalam kajian tersebut, beliau mengungkapkan bahwa banyak sekali hal-hal yang termasuk dari maksiat badan yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya harus dijauhi.

"Diantara maksiat badan yang dilakukan manusia yaitu; seorang istri yang berdandan berlebihan bukan untuk suaminya saat keluar rumah, tidak berteguran antara seorang muslim dengan muslim lainnya lebih dari tiga malam, kemudian seseorang yang memakai pakaian yang terbuat dari emas dan sutera, hal ini dilarang di agama karena ada dampak negatifnya bagi kesehatan, dan itu juga termasuk perbuatan yang haram," ungkap Ustaz Cecep.

Ditengah-tengah kajian, beliau juga mengingatkan para jemaah yang mayoritas sudah menjadi orang tua agar mencontohkan hal-hal yang baik untuk anaknya.

"Kita selaku orang tua harus memberi contoh yang baik bagi anak-anak kita. Bila perlu lakukanlah langsung di depan mereka. Tujuannya bukan untuk riya', tetapi sebagai contoh pelajaran langsung bagi anak-anak kita. Contohnya saja ketika minum, kalau minum yang benar itu ada 5 caranya, pertama haruslah duduk, kedua gunakan tangan kanan, ketiga jangan lupa berdoa atau dengan basmalah, keempat sedikit-sedikit, dan kelima diakhiri dengan hamdalah. Maka contohkanlah langsung kelima cara minum yang benar tersebut di depan anak kita," ungkap Ustaz Cecep.

Selain itu, beliau menambahkan lagi 3 hal yang termasuk maksiat badan, yaitu berkhalwat atau berduaan dengan wanita non mahram, merendahkan dan mencela ulama, dan meninggalkan kewajiban kepada Allah Swt.

"Yang termasuk pula ke dalam maksiat badan yaitu berkhalwat atau bersembunyi berduaan antara laki-laki dengan wanita yang bukan mahram, kemudian merendahkan para ulama, dan meninggalkan kewajiban kita kepada Allah, seperti meninggalkan salat, zakat, salat tanpa berwudu, atau sengaja salat membelakangi kiblat," ujar Ustaz Cecep.

Diakhir pengajian, Ustaz Cecep berdoa kepada Allah Swt. agar para jemaah yang hadir diberikan kesehatan lahir dan batin oleh Allah, dilapangkan rezekinya, diberikan umur yang panjang dan juga berkah, serta diberikan keistikamahan agar dapat terus melakukan kebaikan dan keistikamahan agar dapat terus hadir mengikuti pengajian ini.

Reporter: Muhammad Syahru Ramadhan, KPI 3/B
( Hide )

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023