Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siap Perangi Penyakit Pancaroba

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T06:56:43Z


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan tentang perubahan musim kemarau ke musim hujan saat ini agak ekstrem atau yang biasa disebut Pancaroba.

Tidak dipungkiri memang akhir-akhir ini musim kemarau menjadi lebih basah dari pada sebelumnya. Sebab, meskipun disebut kemarau, intensitas hujannya masih terbilang cukup tinggi.

Ketidakpastian akan musim pancaroba ini dapat memberi dampak ke beberapa aspek, salah satunya adalah kesehatan. Beberapa orang yang imunitas tubuhnya sedang terganggu, akan mudah sekali terkena penyakit dimasa pancaroba ini.

Penyakit-penyakit yang biasa muncul ketika masa pancaroba yakni ada infeksi saluran pernafasan, influenza, demam berdarah dan tipes. Adapun ini terjadi karena biasanya udara yang berkeliaran lepas membawa debu dan juga dari debu tersebut terdapat penyakit yang tidak terduga.

Ada beberapa hal sederhana yang sekiranya dapat dilakukan dirumah untuk menjaga imunitas tubuh dan diharapkan dapat melindungi diri dari berbagai penyakit pancaroba. Pertama, menjaga kebersihan diri. Kedua, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, mengingat pancaroba ini sangat rentan orang itu terkena penyakit demam berdarah, sehingga lingkungan harus bersih dan pastikan tidak ada air kotor yang menggenang. Ketiga, mengonsumsi makanan bergizi serta vitamin, ini hal yang sangat penting juga sebab jika makanan tidak dijaga dan tidak cuci tangan pula sebelum makan, khawatir bahaya tipes bagi seseorang yang ceroboh tersebut akan menyerang dirinya.

Musim pancaroba memang sudah sangat sering terjadi. Oleh karena itu, masyarakat harus aktif dalam penjagaan diri serta lingkungannya agar dirinya pun kuat dalam menghadapi musim pancaroba.

 

Aliyya Ummu Nahda

Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

×
Berita Terbaru Update