x
BREAKING NEWS

Kamis, 01 November 2018

Sedapnya Berorganisasi

 
Oleh : Renawati Maulani
            Berorganisasi dalam UKM memiliki kepuasan tersendiri bagi mahasiswa. Karena dengan mengikuti UKM, mahasiswa diibaratkan berada dalam miniatur hidup dan berorganisasi di masyarakat.
UKM sendiri adalah sebuah wadah bagi mahasiswa untuk melakukan aktifitas kemahasiswaan di luar kegiatan pembelajaran di kelas. Biasanya, mahasiswa memilih UKM yang dirasa merupakan bakat dan minat mereka. Atau ada juga UKM yang dibuat karena kesamaan daerah, atau biasa disebut juga Orda (Organisasi Daerah).
            Mengikuti UKM memang bukan suatu hal yang wajib, namun akan ada kebanggaan tersendiri jika kitaikut dan aktif dalam kegiatan suatu UKM. Apalagi jika dalam UKM tersebut kita dapat berkontribusi untuk menorehkan prestasi.
            Selain kebanggaan dan kepuasan pribadi, mengikuti UKM juga banyak memberikan manfaat kepada mahasiswa. Salah satunya adalah manfaat dalam berorganisasi. Jika kita mengikuti UKM, tentunya kita dituntut untuk dapat berorganisasi dengan baik, atau setidaknya kita akan diajarkan untuk dapat menjadi mahasiswa yang pandai berorganisasi. Dan itu akan sangat membantu untuk belajar berorganisasi sebelum terjun langsung di masyarakat.
            Namun, selain kelebihan pasti ada kekurangan. Dalam pengamatan saya, banyak mahsiswa yang mengikuti dan aktif di UKM namun mengabaikan kewajibannya yang paling pokok, yaitu mengikuti perkuliahan. Saya melihat, justru orang-orang yang dianggap penting dalam organisasi, banyak yang menomorsekiankan kuliah. Padahal, kuliah harusnya menjadi tujuan utama daripada organisasi. Bukan berarti kita aktif di organisasi lantas perkuliahan menjadi tidak penting. Ada baiknya para pelaku organisasi itu memilah dan memilih mana yang lebih penting dan yang harus diutamakan. Menyeimbangkan dan lebih pandai membagi waktu.   
            Jadi intinya, mengikuti UKM itu penting dan sangat dianjurkan agar kita dapat merasakan bagaimana rasanya berorganisasi sebelum terjun di dunia masyarakat dan dunia politik yang sesungguhnya. Dan juga agar kita dapat mencicipi sedapnya berorganisasi itu. Karena, dengan ikut organisasi kita akan terbiasa dengan masalah-masalah dan akan dipaksa untuk memecahkan masalah itu. Namun, perlu diingat juga bahwa kewajiban utama kita sebagai mahasiswa adalah mengikuti perkuliahan. Jangan sampai dengan mengikuti UKM atau organisasi-organisasi di luar pembelajaran kampus lantas kita menjadi menomorduakan kuliah. Intinya adalah harus pandai-pandai membagi waktu.


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project