x
BREAKING NEWS

Selasa, 17 Oktober 2017

Hargai Kualitas Diri


Oleh Shilah Suci Anugerah

Memang berbicara tentang plagiasi sudah menjadi tradisi sepertinya yang mendarah daging di tingkat universitas, saya pun pernah melakukannya. Namun lebih dikenal dengan istilah "Copy Paste", atau " Copas". Mayoritas orang-orang khususnya mahasiswa melakukan hal tersebut karena mereka tidak percaya diri dengan kualitas tulisan yang mereka buat. Sehingga mereka lebih bangga dengan tulisan orang lain yang dipercaya sudah terlihat sempurna
 
Mudah sekali bagi mereka untuk mengklaim sebuah karya tulis orang lain menjadi tulisan mereka. Tanpa melihat bagaimana perjuangan orang lain dalam mengerjakan sebuah karya tulis tersebut.
Padahal sebenarnya, jika kita percaya diri dengan kualitas tulisan kita, dan tau akan perjuangan bagaimana menulisnya. Dengan otomatis kita akan menghargai tulisannya dan mempunyai perasaan agar tulisan kita tidak diklaim oleh orang lain. Apabila sudah muncul perasaan tersebut dengan sendirinya kita akan lebih menghargai karya orang lain dan tidak melakukan plagiasi.

Jadi, tidak ada salahnya jika kita PD dengan kualitas tulisan kita, sehingga kita lebih bisa menghargai kualitas tulisan kita.

Shilah Suci Anugerah, Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio