Ustadz Abdul Wahid : Kuncinya Adalah Taubat Yang Sungguh-Sungguh

 
 Dakwahpos.com, Bandung - Kultum subuh bersama Ustadz Abdul Wahid membahas akhlak dan tasawuf yang dikatakann oleh Ibnu Atha'illah dalam kitab Tajul Arusy. Kegiatan ini dilakukan di masjid Jami' Al-Muhajirin bersama para jamaah Komplek Griya Mitra Cinunuk. 
Dalam ceramahnya Ustadz Abdul Wajid membahas tentang taubat yang tidak bersunggguh-sungguh. ada empat kalimat yang dikatan oleh Ibnu Atha'illah dalam kitab Tajul Arusy.
Yang pertama adalah jika kamu merasa berat dalam ketaan dan beribadah. Dalam beribadah tentunya setiap manusia sering terjadi naik turun keimanan. Terkadang ketika iman sedang naik dalam melaksanakan ibadah pasti akan sangat ringan dan gesit. Akan tetapi ketika iman sednag menurun dalam melakukan ibadah menjadi sangat bermalas-malasan. Bahkan hal-hal yang tidak oenting bisa menjadi penghalang untuk beribadah.
Kalimat kedua adalah danhatimu tidak merasakan manisnya dalma ketaan dan beribadah. Apabila seorang hamba yang melakukan ibadah atau sebuah ketaan kepada Allah akan tetapi tidak merasakan manisnya ibadah maka perlu untuk bertanya pada diri sendiri, mengapa rajin beribadah tetapi tidak merasakan indahnya beribadah.
Kalimat ketida yaitu dan kamu merasa ringan dalam kemaksiatan dan kamu merasakan manisnya kemaksiatan. Apabila seorang hamba ringan sekali kaki melangkah menujuu kemaksiatan, ringan seekali tangan ketika melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Sulit beribadah dan ringan bermaksiat. Kalimat terakhir adalah ketahuilah sesungguhnya taubatmu tidak bersungguh-sungguh. 
Ustadz Abdul Wahid mengatakan kuncinya adalah taubat yang sungguh-sungguh, jika kita merasakan tiga hal tersebut berarti taubatnya belum bersungguh-sungguh.
"Allah mencintai hambanya yang bertaubat. Taubat adalah sesuatu yang sangat normal, berbanding lurus dengan kondisi kita yang memiliki kekurangan" Ujar Ustadz Abdul Wahid (13/11/2022)
Itulah yang disampaikan Ustadz Abdul Wahid dalam kultum subuhnya. Para jamaah pun tampak sangat memperhatikan materi-materi yang disampaikannya. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023