Pelanggaran HAM Kian Meningkat

Oleh : Muhammad Raihan Rizqullah R

Pelanggaran HAM kian terjadi dimana-mana, mulai dari pembunuhan, pemerkosaan, perundungan, dan sebagainya. Hal ini perlu menjadi perhatian penting bagi para masyarakat maupun pemerintah.

Dalam kehidupan manusia setiap kita mempunyai hak dan kewajiban yang  dimiliki dan melekat pada diri kita sejak lahir yaitu Hak Asasi Manuia atau HAM.

HAM adalah hak-hak dasar yang dimiliki setiap orang semata-mata karena dia adalah manusia, HAM didasarkan pada prinsip bahwa setiap orang dilahirkan setara dalam harkat dan hak-haknya. Semua HAM sama pentingnya dan mereka tidak dapat dicabut dalam keadaan apapun.

Pelanggaran hak asasi manusia adalah tindakan yang merugikan hak-hak dasar manusia yang diakui oleh hukum internasional. Contohnya adalah kekerasan, diskriminasi, tindakan kekerasan terhadap perempuan, kekerasan terhadap anak, dan lain-lain. Pelanggaran HAM dapat terjadi di negara manapun dan dapat dilakukan oleh pemerintah, kelompok masyarakat, atau individu.

Untuk menghadapi pelanggaran HAM, perlu ada tindakan nyata dari pemerintah, masyarakat, dan lembaga-lembaga internasional. Pemerintah harus memastikan bahwa tindakan-tindakan yang dilakukan tidak merugikan hak asasi manusia warganya. Masyarakat juga perlu menyadari pentingnya hak asasi manusia dan mengambil tindakan sesuai dengan prinsip-prinsip hak asasi manusia. Lembaga-lembaga internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga perlu terus memantau dan mengambil tindakan apabila terjadi pelanggaran HAM di negara-negara anggotanya.

Muhammad Raihan Rizqullah R, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023