Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Federasi Harus Memfasilitasi Stadium Berstandarisasi FIFA

Rabu, 28 Desember 2022 | Desember 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-28T16:13:21Z
 
 
Sepak bola merupakan suatu olahraga terpopuler di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya penonton yang hadir ketika acara sepak bola berlangsung. Bahkan seperti yang dilansir dari (cnnindonesia.com). Dalam penelitian yang dilakukan oleh Nielsen Sport, 77% penduduk Indonesia memiliki ketertarikan pada olahraga si kulit bulat, terutama ketika menyaksikan Timnas Indonesia berlaga. Dalam hal persentase ketertarikan seluruh populasi negara pada sepak bola, Indonesia hanya kalah dari Nigeria. Sebanyak 83% penduduk negara yang memiliki timnas berjuluk Elang Super itu diklaim menyukai sepak bola.ketertarikan masyarakat indonesia tentunya harus di dukung dan di fasilitasi dengan baik,salah satunya adalah dengan membangun stadium yang sesuai dengan standar Federasi Sepak bola dunia yaitu FIFA.
 
Indonesia setidaknya memiliki kurang lebih 10 stadium berkapasitas penonton tinggi yaitu Jakarta International Stadium (JIS) Stadion dengan kapasitas 82.000 kursi, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) berkapasitas 78.193 penonton, Stadion Palaran Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur, Stadion yang memiliki 67.075 kursi, Stadium Gelora Bung Tomo memiliki kapasitas 46.806, Stadion Kanjuruhan 42.449, Stadion Jatidiri kapasitasnya hingga 45.000 kursi, Stadion Utama Riau mampu menampung 43.923 penonton, Stadion Lukas Enembe Stadion ini memiliki daya tampung 40.263 penonton dan terakhir Stadion Harapan Bangsa Juga dikenal dengan nama Stadion Lhong Raya, stadion ini berlokasi di Kota Banda Aceh memiliki 45.000 kursi penonton.
Namun yang menarik walaupun stadium di indonesia bisa dikatakan cukup banyak,Tapi hanya ada 3 stadium yang sesuai dengan standar FIFA. Seperti yang dikutip oleh Nugroho Setiawan, pemegang lisensi FIFA Security Officer, menyebutkan, baru ada tiga stadion berstandar FIFA di Indonesia: Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya). Namun, di antara tiga venue itu, Stadion Gelora Bung Tomo memerlukan penyempurnaan. "Kalau Gelora Bung Tomo, fasilitas dalamnya bagus. Tapi, aksesnya belum sempurna,"
 
Ini jelas harus menjadi sorotan karena bagaimana bisa sepakbola kita maju kalau lapangan yang ada tidak sesuai dengan standarisasi FIFA. Tapi setidaknya ada beberapa poin yang menandakan kelayakan stadium sesuai dengan standarisasi FIFA dalam laman resminya FIFA telah memberikan beberapa pedoman agar menjadi pertimbangan bagi siapa saja yang hendak membangun stadion dengan standar mereka.FIFA menjelaskan jika perkembangan stadion harus selaras dengan realitas lokal, dan mereka telah berhati-hati untuk membuat daftar secara lebih rinci. Secara umum pemasok rumput sintetis berlisensi FIFA HATKO menjelaskan beberapa spesifikasi stadion sepak bola yang disetujui FIFA di situs resminya. Hatko menjelaskan, stadion FIFA harus dilengkapi material berkualitas tinggi agar penonton bisa menikmati pertandingan berkualitas tinggi.
 
Pertama, area di luar stadion harus diamankan, artinya akses menuju stadion harus mudah. Selain itu, jaringan transportasi khusus harus tersedia untuk stadion. Selain itu, standar lapangan sepak bola yang disetujui FIFA diperlukan untuk membangun stadion dengan kapasitas bermain profesional. Pertandingan sepak bola FIFA hanya dapat dimainkan di stadion yang memenuhi persyaratan struktural dan teknis. Selain itu, ada juga langkah-langkah keamanan yang harus diberlakukan tergantung pada kapasitas stadion.
 
Ketiga, sebagai syarat stadion berstandar FIFA, dilarang keras membawa spanduk rasis dan agresif ke dalam stadion. Juga dilarang membawa zat berbahaya seperti senjata atau laser ke dalam stadion. Langkah-langkah keamanan ini juga harus diambil oleh manajemen stadion dan penonton harus diberitahu.
 
Keempat, hal terpenting yang perlu dilakukan pengelola adalah menyelaraskan rambu sehingga orang yang datang ke stadion dapat dengan mudah menemukan area yang mereka cari. Setidaknya itulah beberapa syarat umum agar stadium di indonesia sesuai dengan standarisasi FIFA,Semoga untuk kedeoannya Federasi Sepak bola indonesia semakin serius dalam membangun dan meperbaiki kualitas sepak bola indonesia. Karena sebenarnya indonesia memiliki banyak pemain pemain berkualitas yang jika diasah pasti bisa pentas di liga tertingi dunia yaitu eropa,bahkan bukan tidak mungkin apabila sepak bola indonesia dibenahi dengan baik kiblat sepakbola dunia akan tertuju kepada indonesia.

Ainnayya Zoelva Rai Hakim
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
081310696304
Cipadung - Kota Bandung
×
Berita Terbaru Update