Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Banjir: Antara Kesadaran, kesalahan.

Selasa, 13 Desember 2022 | Desember 13, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-13T05:14:54Z

Banjir, siapa yang tidak kenal dengan banjir?

Banjir sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Sudah seperti perayaan yang setiap tahun ada. Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air di sungai yang tersumbat entah itu karena sampah, atau kapasitas sungai yang tidak bisa menampung debit air. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya peristiwa yang setiap tahun terjadi di Indonesia yaitu banjir tersebut.

Banyak daerah di Indonesia yang setiap tahun menjadi langganan dari peristiwa banjir ini, salah satunya daerah Kabupaten Bandung, yaitu Dayeuh Kolot. Seperti tradisi, bencana banjir di Dayeuh Kolot ini terjadi setiap tahunnya, terutama pada musim hujan. Aliran air sungai citarum yang menjadi aliran air terbesar di Kabupaten Bandung seringkali menjadi penyebab utama banjir di Dayeuh Kolot.

Tentunya ini bukan sebuah prestasi yang harus dibanggakan oleh masyarakat Indonesia terutama wilayah Kabupaten Bandung. Karena bencana ini sangat merugikan terutama masyarakat yang terkena dampak dari bencana tersebut. Banyak yang mengalami kerugian terutama dari segi materi,waktu,mental, dan kesehatan. Tidak sedikit warga yang kehilangan tempat tinggalnya disebabkan meluapnya aliran sungai.

Kita sebagai makhluk hidup harus memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup di sekitar kita. Karena tidak sepenuhnya banjir ini terjadi karena kelalaian dan kesalahan pemerintah dalam mengelola lingkungan hidup. Banyak terlihat sampah menumpuk di aliran sungai yang mengakibatkan aliran sungai tidak berjalan semestinya dan menjadi penyebab utama banjir itu sendiri. Maka dari itu kita harus sadar akan larangan membuang sampah sembarangan itu harus dipatuhi. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?.


Diva Rosyana Putra 

1214020039

kpi 3 A

×
Berita Terbaru Update