Untuk Mengisi Waktu Luang, DKM Al-Ikhlas Adakan Pengajian

 

Dakwahpos.com, BANDUNG – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ikhlas adakan pengajian yang dilaksanakan pada hari Senin. Kajian tersebut berjudul "Ikhlas dalam Beribadah".

Kegiatan yang diikuti oleh masyarakat Gg. H. Makmur No.30, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat mulai dari masyarakat sekitar sampai mahasiswa yang tinggal di daerah tersebut.

Pada kesempatan itu, Bp.H Dadang selaku penceramah menyampaikan materi yang berkaitan dengan Ikhlas. Ikhlas merupakan suatu usaha seorang hamba untuk melakukan apapun semata-mata karena Allah semata. Artinya, tidak ada kepentingan apapun atas apa yang dilakukan kecuali untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

"Orang yang berjiwa ikhlas sangat dicintai oleh Allah SWT dan tentunya mendapatkan pahala di sisiNya. karena mereka akan menerima apapun kehendak Allah. Termasuk nikmat ataupun cobaan yang diberikan dalam kehidupan,"Ujar Pa Dadang ( 05/ 10/ 2022).

Ikhlas membawa banyak manfaat dalam kehidupan. Bagi yang mengamalkannya, ia tidak hanya akan memperoleh pahala dan ridho Allah, tetapi itu juga akan mengubah kehidupan di dunia. Inilah beberapa manfaat ikhlas dalam hidup yang disampaikan pada ceramah tentang ikhlas.

Keutamaan Ikhlas yaitu Mendapat Kecukupan dari Allah. Seseorang yang senantiasa menanamkan keikhlasan dalam dirinya akan dicukupi oleh Allah. Sehingga, ia tidak akan mendapatkan kekurangan dan akan selalu merasa cukup. Akan tetapi, kualitas keikhlasan tiap orang berbeda-beda dan itulah yang menentukan sejauh mana pertolongan Allah.

Sifat Ikhlas dapat mengubah seseorang lebih Istiqomah dalam Beramal. Orang yang bersifat penuh keikhlasan cenderung menjadi hamba yang istiqomah. Khususnya istiqomah dalam beramal. Hal ini karena mereka sama sekali tidak perhitungan dengan apa yang dimiliki dan meyakini bahwa semua yang ada hanyalah titipan Allah. Ketika menyadari Allah lah Sang Penentu dan Sang Pemilik, maka hamba yang Ikhlas tidak akan menunda-nunda ibadah dan amal.

Orang yang ikhlas tidak akan menjadi budak duniawi karena justru ia tidak akan mendapatkannya.Oleh sebab itu, jika ingin batinnya damai dan tenang biasakan diri untuk ikhlas menerima apapun.

Reporter: Irna Silmi Kaffah 3B KPI

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023