Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Terlelap Saat Berkendara Berakibat Celaka

Senin, 07 November 2022 | November 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-07T05:19:30Z

Mengantuk merupakan ancaman bagi para pengendara dan pengguna jalan. Memaksakan mengemudi dalam kondisi mengantuk dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan. Apabila dipaksa, maka kejadian fatal akan menimpa sopir ataupun penumpang yang ada di dalam kendaraan tersebut. Bahkan, dapat merugikan semua orang yang ada di sekitar lokasi jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

 

Kunci keselamatan berkendara adalah fokus, karena berkendara itu membutuhkan konsentrasi penuh. Pengemudi juga harus mengesampingkan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi berkendara. Tidak fokus sebentar saja, nyawa yang jadi taruhannya karena berisiko terjadi kecelakaan.

 

Seringkali pengemudi menganggap dirinya kebal terhadap rasa kantuk dan kelelahan. Pengemudi tidak menyadari ketika terlelap karena memaksa untuk sampai tujuan. Keinginan untuk bertemu keluarga tersayang menjadi sebuah alasan untuk terus berkendara walau tengah dilanda kantuk.

 

Banyak kasus kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh pengemudi yang memaksakan berkendara ketika mengantuk. Oleh karena itu, seorang pengemudi perlu memastikan bahwa ia tidak hilang fokus saat mengemudi. Caranya dapat dimulai dari beristirahat ketika mengantuk, dan meningkatkan kewaspadaan agar tidak lengah.

Kita berupaya untuk mengoptimalkan apa yang dapat dikendalikan saat berkendara. Menjaga diri dari bahaya sekitar dan mencegah bahaya yang timbul dari diri. Sebab, setiap pengemudi pasti memiliki tujuan yang diupayakan serta yang menunggu mereka sampai dalam keadaan selamat.

 

Izati Istiqomah / Mahasiswa KPI UIN SGD


×
Berita Terbaru Update