Bertemu pengendara arogan? Jangan terpancing.

Sebagai pengguna jalan raya jika Anda bertemu dengan pengendara arogan sebaiknya Anda mengalah saja. Kita seringkali melihat pengendara mobil bahkan motor tergesa-gesa ketika berkendara. Bahkan terkadang menjadi arogan dari mereka yang taat dengan aturan. Apalagi untuk Anda yang tinggal di kota-kota besar, pasti sudah tidak asing dengan pengalaman seperti ini.

Biasanya pengendara ini disebut pengendara arogan. Pengendara ini berkendara dengan penuh emosi, mudah sekali melanggar aturan dan sering kali tidak mau mengalah. Membuat gusar dan gelisah para pengguna jalan lainnya. Nah jika Anda bertemu dengan pengendara macam ini, lebih baik Anda bersabar dan mengalah saja. Tidak perlu menanggapi provokasi atau pancingan yang dilakukan karena hanya akan membuat masalah semakin panjang.

Sebenarnya pengendara seperti ini sangat berbahaya. Bukan hanya untuk orang lain, bahkan untuk dirinya sendiri. Dia akan biasa melanggar dan menyalahkan orang lain yang tertib. Apalagi kalau kesenggol, emosinya gampang meledak. Biasanya tanggung jawabnya juga minim malah cenderung tak mau tanggung jawab. Maunya menyalahkan orang lain.

Kalau menemui atau bermasalah dengan pengendara semacam ini, sebaiknya jangan gampang terpancing. Kalau mengalami masalah segera bawa ke kantor polisi terdekat. Tanpa ada penengah, pengendara semacam ini akan merasa benar. Tetap sabar dan jaga emosi supaya tak gampang terpancing.

Jika Anda bertemu dengan pengendara yang menjengkelkan seperti contoh di atas. Berikut lima langkah yang diharapkan dapat mengurangi risiko konflik dengan pengendara arogan di jalan yang bisa anda praktekkan. Tetap tenang jangan terbawa suasana; Berkendaralah dengan tertib; Hindari persaingan di jalan; Hindari permasalahan-permasalah yang mungkin terjadi; Tetap santun di jalan; Sabar menjadi kunci menghadapi pengendara yang menjengkelkan.

Iqbal Saputra KPI 3B UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023