Wujudkan Masyarakat Islami, DKM Al- Mishbah Adakan Pengajian Semua Jenjang Usia

Dakwahpos.com, Bandung – Masyarakat paham Akan pengetahuan agama Islam menjadi sebuah kewajiban bagi setiap Muslim. Belajar agama dan mengaji bukan hanya sebuah kewajiban bagi anak-anak saja, tetapi menjadi sebuah kewajiban juga bagi semua lapisan masyarakat, termasuk ibu-ibu dan bapak-bapak. Saat ini, masyarakat hanya berfokus terhadap anak-anak yang harus belajar agama, padahal orang tua juga memiliki kewajiban yang sama untuk belajar agama. Oleh karena itu, kini banyak masjid yang tidak hanya mengadakan pengajian bagi anak-anak, tetapi ada juga pengajian yang diperuntukkan bagi ibu-ibu dan bapak-bapak. Salah satu masjid yang mengadakan pengajian untuk semua jenjang usia adalah Masjid Jami Al- Mishbah Cipadung. (18/10/2022)

DKM Al- Mishbah mengadakan pengajian rutin untuk semua jenjang usia masyarakat sekitar. Pengajian anak-anak diadakan setiap hari Senin sampai Sabtu kecuali malam Jum'at, karena setiap malam Jum'at diadakan pembacaan Surat Yasin bersama. Pengajian anak-anak dilakukan setiap ba'da Ashar dan ba'da Maghrib. Untuk pengajian ba'da Ashar adalah jenjang PAUD dan SD kelas 1 dan 2. Sedangkan pengajian ba'da Maghrib diperuntukkan bagi jenjang SD kelas 3 sampai 6 dan juga MTS.

Pengajian ibu-ibu diadakan rutin setiap seminggu sekali pada hari Jum'at ba'da shalat Jum'at sampai Ashar. Kemudian untuk pengajian bapak-bapak diadakan setiap hari Ahad malam senin setelah Maghrib sebagai pengganti kegiatan pengajian anak-anak yang diliburkan setiap hari Ahad. Selain itu, DKM Al- Mishbah juga mengadakan tahlilan bagi orang yang meninggal jika acara tersebut tidak bisa dilakukan di rumahnya.

Untuk pengajian anak-anak biasanya dilakukan ujian akhir yang dilaksanakan antara bulan Rabiul Awal dan Rajab, tetapi terkadang dilakukan bersamaan dengan ujian akhir semester di sekolah dan tergantung kesepakatan panitia dan pengurus masjid. Dengan adanya pengajian bagi semua jenjang usia, diharapkan kualitas keimanan masyarakat di sekitar meningkat dan dapat mewujudkan lingkungan Islami.

Siti Marsela / KPI3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023