Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ustadz Dani: Pelafalan Makhorijul Huruf Itu Penting

Rabu, 05 Oktober 2022 | Oktober 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-05T08:09:33Z

Dakwahpos.com, Bandung - Ustadz Dani menyampaikan pentingnya makhorijul huruf dalam membaca Alquran di kajian rutin mesjid At-Taqwa. Terkhusus huruf jim yang menjadi bahasan utama. Kamis (28/09/2022)

Ustadz Dani mengisi kajian rutin yang dihadiri lebih dari 30 orang ibu-ibu di yayasan Mesjid At-Taqwa, komplek Bina Marga, kecamatan Cisaranten. Kajian kali ini, membahas tentang pentingnya melafalkan huruf Al-Qur'an dan bagaimana cara membaca huruf Jim (ج) yang benar. Dengan membagikan materi dalam bentuk selebaran, Ustadz Dani memberi kemudahan kepada ibu-ibu untuk mengikuti panduan terhadap materi yang akan disampaikan.

Kajian tersebut, atau ibu-ibu lebih akrab menyebutnya dengan tahsin, diselenggarakan pada pukul 10.00 WIB hingga selesai. Diawali dengan pembahasan Al-lisan, Ustadz Dani memberikan pengertian Al-lisan secara bahasa artinya lidah. Namun untuk pertemuan di kajian kali ini, beliau mengkhususkan untuk membahas Wasatul lisan. "Wasatul Lisan adalah lidah bagian tengah. Huruf yang termasuk bagian ini adalah huruf Jim, Syin, dan Ya." Ujar ustadz Dani pada Kamis (28/09/2022)

Kajian berlangsung selama satu jam, setelah memaparkan cara pengucapan huruf Jim dan kesalahan yang harus dihindarkan saat melafalkan huruf Jim, Ustadz Dani memberikan kesempatan kepada ibu-ibu untuk praktek langsung melafalkan huruf Jim. Dengan ayat-ayat yang sudah disediakan, ibu-ibu dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian secara bersama-sama membacakan ayat tertentu yang terdapat huruf Jim didalamnya.

Ibu-ibu yang menghadiri kajian terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti rangkaian pembelajaran yang dilakukan Ustadz Dani. Menariknya ibu-ibu sangat bersemangat untuk segera mengakhiri kajian dikarenakan akan ada acara botram bersama setelah kajian selesai. "Untuk memperkuat silaturahmi antar ibu-ibu pengajian, makanya diadakan botram" Ujar Ibu Entin pada Kamis (28/09/2022)

Reporter : Kania Rahmandini KPI/3B




×
Berita Terbaru Update