Simpan Ponsel saat Berkendara!

 
Oleh : Ummul Febria Putri Hanifah

Zaman sekarang ponsel atau gadget sudah menjadi sesuatu yang harus dimiliki tiap orang, lebih-lebih kaum milennial. Bahkan gadget selalu berperan bagi mereka yang menggunkannya saat kapan pun dan dimana pun. Menyinggung peranan ponsel dalam kehidupan sehari-hari, kita sadar bahwa ponsel merupakan sesutu yang tidak bisa ditinggalkan. Tak jarang ponsel dapat membuat kita lupa diri akan segala hal, baik lupa dengan waktu, keadaan sekitar maupun hilang konsentrasi atau tidak fokus akan sesutu.

Berbicara mengenai ponsel yang membuat kita sering lupa diri, memainkan ponsel saat berkendara juga menjadi salah satu penyebab hilangnya kenyamanan dan keselamatan lalu lintas bagi para penggunanya, terutama bagi para pengendara. Lebih parahnya lagi memainkan ponsel saat berkendara juga menjadi salah satu sebab terjadinya kecelakaan.

Sering kita saksikan orang kalau sudah pegang ponsel seperti berada di dunia lain. Tidak fokus saat diajak berbicara, konsentrasi berkurang dan asik dengan dunianya sendiri. Apalagi ponsel digunakan saat berkendara, hal ini berakibat fatal bagi diri sendiri maupun orang lain.

Menggunakan ponsel saat berkendara dikenai UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Bagi yang kedapatan bermain ponsel sembari berkendara, polisi tak segan menjepret dan mengirim surat tilang ke alamat pelaku. Guna pelaku dapat sadar dan jera akan kesalahan yang diperbuatnya, memang nampak sepele namun berakibat fatal.

Sepenting apa pun panggilan atau pesan yang terima, alangkah baiknya kita menepikan kendaraan sejenak jika ingin meresponnya, bukan malah membuka ponsel sembari berkendara. Lebih parah lagi pengendara arogan yang sengaja bermain ponsel saat berkendara, hal ini sangat tidak patut untuk di contoh. Maka dari itu simpan ponsel anda saat berjalan maupun berkendara dan jadilah pengguna lalu lintas yang cermat, beretika dan sopan bukan malah unjuk sikap arogan.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023