Sejarah Kelam Kajuruhan

Oleh : (Annisa Siti Fatimah)

Stadion Kanjuruhan adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Kapasitasnya berjumlah 30.000 penonton. 


Pada tanggal 1 Oktober 2022, terjadi kerusuhan pasca pertandingan sepak bola Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang yang menimbulkan korban sebanyak 712 orang, dengan rincian 132 orang meninggal dunia, 96 orang luka berat, dan 484 orang luka ringan/sedang.


Tragedi ini sangat berbekas dalam sejarah Indonesia, karena dari kejadian ini sangat berimbas kepada banyak aspek terutama dalam segi kepercayaan masyarakat yang menurun terhadap aparat dan keamanan yang kurang terjamin.


Dilansir dari beberapa sumber, kejadian ini diawali dengan salah satu supporter arema FC yang tidak terima atas kekalahan timnya, namun terjadinya bukan hanya disebabkan oleh satu faktor saja, ada juga penyebab lain yakni gas air mata yang dilemparkan ke arah tribun serta lapangan.


Hal tersebut membuat kepanikan para supporter yang terdiri dari berbagai macam golongan, karena kepanikan inilah membuat suasana semakin ricuh dan tidak terkendali. Semua ingin menyelamatkan diri masing-masing dari perihnya gas air mata, dan dari beberepa keterangan juga menyatakan ada pintu keluar stadion yang terkunci membuat semua kebingungan dan berdesakan mencari jalan keluar. 


Annisa Siti Fatimah 

Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung




Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023